Penerapan terapi Murottal Al Quran terhadap kecemasan ibu hamil Primigravida Trimester pertam: Studi kasus di Desa Balonggandu Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang

Saparina, Anindita (2019) Penerapan terapi Murottal Al Quran terhadap kecemasan ibu hamil Primigravida Trimester pertam: Studi kasus di Desa Balonggandu Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan merupakan rasa khawatir, takut yang tidak jelas sebabnya, perasaan cemas seringkali menyertai pada ibu yang baru pertama kali hamil karena sebelumnya tidak pernah memiliki pengalaman mengandung. Dengan demikian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai penerapan terapi murottal Alquran terhadap kecemasan ibu hamil primigravida trimester pertama di Desa Balonggandu Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dan manfaat terapi murottal Alquran dalam mengatasi kecemasan ibu hamil, tujuan lain dari penelitian ini juga untuk mengetahui penerapan terapi murottal Alquran pada ibu hamil di Desa Balonggandu Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan empat orang ibu hamil yang sesuai dengan kriteria penelitian di Desa Balonggandu Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah menemukan bahwa adanya perubahan dalam mengatasi kecemasan ibu hamil, hasil ini diperkuat dengan adanya wawancara langsung yang sebagian besar menyatakan bahwa adanya perubahan perasaan berupa rasa tenang, berfikir positif, penuh harap agar anaknya sehat dan menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Saran untuk calon ibu lebih mempersiapkan kehamilannya baik dari segi usia, fisik, finansial dan terutama mental. Percaya kepada Allah, jika kematian dan kelahiran Allahlah yang telah menentukan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah jumlah sampel serta memperluas wilayah sampel penelitian diluar wilayah Kota Karawang, sehingga hasilnya dapat digeneralisasikan untuk lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terapi Murottal Alquran; Kecemasan; Ibu Hamil Primigravida Trimester Pertama
Subjects: Human Physiology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Anindita Saparina Sunaryo
Date Deposited: 30 Jul 2019 06:46
Last Modified: 30 Jul 2019 06:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22365

Actions (login required)

View Item View Item