Hubungan antara coping religius dengan stres pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab uin sunan gunung djati bandung

Nurfarida, Andika (2016) Hubungan antara coping religius dengan stres pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab uin sunan gunung djati bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi peneliti terhadap mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menggunakan coping religius dalam mengatasi stres. Sebagian besar mahasiswa mengatakan bahwa strategi coping religius yang mereka gunakan mampu mengurangi situasi yang menekan yang mereka alami. Tetapi pada sebagian kecil mahasiswa mengatakan bahwa strategi coping yang mereka gunakan tidak dapat mengurangi tekanan dari masalah yang mereka alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara coping religius dengan stres pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini termasuk pada penelitian korelasional. Dengan populasi yang berjumlah 366, peneliti mengambil sampel sebanyak 25% dari populasi yaitu 93 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel-variabel penelitian adalah skala coping religius yang diadaptasi dari Aflakseir dan Coleman (2011) dan skala stres yang di adaptasi dari Sarafino (2011). Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala Likert, dan pengolahan datanya menggunakan person’s r. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapakan nilai r = -0,57 (korelasi sedang), p > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji korelasi tidak terdapat hubungan antara coping religius dengan stres pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung, nilai r = -0,57 (korelasi sedang), p > 0,05. Mahasiswa yang memiliki coping religius rendah sebanyak 15 (16,1%) orang, mahasiswa yang memiliki coping religius sedang sebanyak 62 (66,7%) orang dan mahasiswa yang memiliki coping religius tinggi sebanyak 16 (17,2%) orang. Mahasiswa yang memiliki tingkat stres rendah sebanyak 12 (12,9%) orang, mahasiswa yang memiliki tingkat stres sedang sebanyak 71 (76,3%) orang dan mahasiswa yang memiliki tingkat stres tinggi sebanyak 10 (10,8%) orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: stress; coping religius
Subjects: Religious Experiences
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:58
Last Modified: 30 Jul 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22369

Actions (login required)

View Item View Item