Penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada aset tetap di Pemerintah Kota Bandung: Studi kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung

Nuriyah, Alya (2019) Penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada aset tetap di Pemerintah Kota Bandung: Studi kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah pusat mengatur bahwa Laporan keuangan harus disusun dan disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2015 harus menggunakan SAP berbasis akrual sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 begitu pun pada perlakuan akuntansi pada aset tetap. Jika aset tetap tidak dikelola dengan baik maka dapat mempengaruhi opini yang diberikan BPK. Pada kenyataannya, Laporan Keuangan Pemerintah Kota Bandung selama 3 (tiga) tahun berturut-turut selalu memperoleh opini audit Wajar Dengan Pengecualian yang salah satunya disebabkan oleh permasalahan aset tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung menurut Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010, perlakuan akuntansi pada aset tetap sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual serta kendala-kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Bandung dalam menghadapi perubahan perlakuan akuntansi dari Basis Kas menuju Akrual menjadi Basis Akrual khususnya terkait dengan perlakuan akuntansi terhadap aset tetap. Penulis menggunakan teori akuntansi aset tetap menurut PSAP No.07 (2012:167) dan Dadang Suwanda (95:2014). Dimana teori akuntansi aset tetap itu terdiri atas pengakuan, pengukuran, komponen biya, perolehan secara gabungan, pertukaran aset, aset donasi, kapitalisasi pengeluaran, penyusutan, penghentian dan pelepasan, penyajian dan pengungkapan. Penulis menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut John W. Creswell (2016:263). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa Pemerintah Kota Bandung sudah cukup siap dalam menerapkan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010. Namun dalam perlakuan akuntansi pada aset tetap dalam hal pengukuran, penyusutan, pelepasan, serta penyajian aset tetap masih menimbulkan beberapa permasalahan serta terdapat beberapa kendala dalam perubahan basis akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual; Perlakuan Akuntansi pada Aset Tetap;
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Public Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Alya Nuriyah
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:18
Last Modified: 31 Jul 2019 03:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22399

Actions (login required)

View Item View Item