Hubungan antara pemahaman materi bimbingan islam tentang self-control dengan sikap kepemimpinan pada santri kelas viii pondok pesantren Baabussalam Cilengkrang Bandung

Mukti, Tiara (2016) Hubungan antara pemahaman materi bimbingan islam tentang self-control dengan sikap kepemimpinan pada santri kelas viii pondok pesantren Baabussalam Cilengkrang Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana pemahaman materi bimbingan Islam tentang self-control, 2) untuk mengetahui bagaimana sikap kepemimpinan pada santri Pondok Pesantren Baabussalam, 3) untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pemahaman materi bimbingan Islam tentang self-control dengan sikap kepemimpinan pada santri kelas VIII Pondok Pesantren Baabusalam Cilengkrang Bandung. Penelitian ini didasarkan pada prinsip metode korelasional, karena metode ini dianggap dapat mencari hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Sampel penelitian ini sebanyak 42 orang yang merupakan santri kelas VIII Pondok Pesantren Baabussalam Cilengkrang Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kuantitatif. Data dianalisis dengan rumus Koresional Product Moment. Hasil penelitian diperoleh tingkat pemahaman materi bimbingan Islam tentang self- control pada santri Pondok Pesantren Baabussalam, jumlah terbanyak terdapat pada santri yang memiliki tingkat pemahaman yang sangat tinggi yaitu berjumlah 12 orang atau sebanyak 28,5% dan jumlah terendah terdapat pada santri yang memiliki tingkat pemahaman yang sangat tinggi yaitu berjumlah 2 orang atau sebanyak 4,8%. Hasil penelitian diperoleh tingkat sikap kepemimpinan pada santri jumlah terbanyak terdapat pada santri yang memiliki sikap kepemimpinan yang cukup yaitu berjumlah 16 orang atau sebanyak 38% dan jumlah terendah terdapat pada santri yang memiliki sikap kepemipinan yang sangat tinggi yaitu berjumlah 6 orang atau sebanyak 14%. Besarnya koefisien korelasi antara pemahaman materi bimbingan Islam tentang self-control dengan sikap kepemimpinan pada remaja adalah 0,738. Diketahui r tabel pada df = 42-2 = 40 sebesar 0,304. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai r hitung 0,738> r tabel 0,304, maka H0 ditolak berarti terdapat hubungan positif antara pemahaman materi bimbingan Islam tentang self-control dengan sikap kepemimpinan pada santri kelas VIII Pondok Pesantren Baabussalaam Cilengkrang Bandung. Dari hasil diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jika santri memiliki pemahaman materi bimbingan Islam tentang self-control yang baik maka akan diikuti dengan sikap kepemimpinan yang baik pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan islam; self-control; sikap kepemimpinan; konseling; pesantren
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:08
Last Modified: 31 Jul 2019 02:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22414

Actions (login required)

View Item View Item