Manajemen bimbingan religi dalam meningkatkan kepribadian Proaktif: Penelitian di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Falah

Septiana, Reza (2019) Manajemen bimbingan religi dalam meningkatkan kepribadian Proaktif: Penelitian di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Falah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa ini melakukan pelanggaran seperti sudah menjadi hal yang biasa. Kemudian orang tua memasukan anaknya ke lembaga pondok pesantren berharap bisa menjadi pribadi yang baik. Namun tidak sedikit yang lupa pada tujuan mereka datang kepesantren dan perlahan kepribadian proaktif mereka menghilang. Maka dari itu dalam sebuah kegiatan bimbingan religi di pondok pesantren yang pada dasarnya adalah proses pemberian bantuan, akan sangat diperlukan sebuah manajemen yang baik agar mampu mendapatkan hasil yang diinginkan baik dalam hal keilmuan ataupun untuk meningkatkan kembali kepribadian proaktif pada setiap santri. Tujuan penelitian ini dibuat yaitu: 1) Untuk mengetahui perencanaan program bimbingan religi yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Falah dalam meningkatkan kepribadian proaktif. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan program bimbingan religi yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Falah dalam meningkatkan kepribadian proaktif. 3) Mengetahui evaluasi bimbingan religi yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Falah dalam meningkatkan kepribadian proaktif. Penilitian ini bertolak dari pemikiran bahwa membentuk bahkan meningkatkan kepribadian proaktif perlu ada stimulus. Hal yang dijadikan stimulus oleh peneliti disini adalah manajemen bimbingan yang ada di pondok pesantren. Pentingnya sebuah manajemen karena semua kegiatan di suatu lembaga mengarah pada tujuan dan pencapaian tujuan tersebut selalu diharapkan adanya hasil yang berkualitas; dan peroses yang berkualitas yaitu manajemen yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatitf. Metode ini memiliki sebuah tujuan untuk bisa mengumpulkan data secara detail, mendalam dan juga actual. Kemudian dengan metode ini peneliti secara actual dan sistematis bisa menggambarkan dan memaparkan fakta-fakta tentang manajemen bimbingan religi dalam meningkakan kepribadian proaktif yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Falah. Hasil dari penelitian ini peneliti menunjukan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Falah berjalan dengan baik proaktif dan terus melakukan proses perbaikan. Pada intinya manajemen yang ada di pondok pesantren masih akan terus melakukan usaha-usaha agar kegiatan bimbingan religi yang ada di pondok pesantren berjalan dengan lancar dan berahap mampu meningkatkan kembali kepribadian proaktif yang mulai hilang dari diri para santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Bimbingan Religi; Kepribadian Proaktif
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: reza septiana agus
Date Deposited: 31 Jul 2019 07:03
Last Modified: 31 Jul 2019 07:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22425

Actions (login required)

View Item View Item