Perencanaan penerimaan retribusi izin mendirikan bangunan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Purwakarta

Briliaji, Elgan (2019) Perencanaan penerimaan retribusi izin mendirikan bangunan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Retribusi daerah adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atau jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan Pemerintah Daerah untuk kepentingan pribadi atau badan tertentu. Dalam mendirikan bangunan perlu diatur dengan surat izin mendirikan bangunan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 6 Tahun 2012. Dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 Retribusi IMB pada realisasinya tidak mencapai target yang telah ditetapkan. Hal ini diduga karena masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya izin mendirikan bangunan sehingga masih terdapat berdirinya bangunan tanpa surat izin mendirikan bangunan dan kurangnya sumber daya manusia dalam pelaksanaan izin mendirikan bangunan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi perencanaan penerimaan retribusi izin mendirikan bangunan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat tingkat penerimaan retribusi izin mendirikan bangunan di Kabupaten Purwakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan Robbins and Coulter yang terdiri dari meninjau kembali misi atau tujuan organisasi, mengevaluasi potensi sumber daya yang tersedia, menentukan target bagi organisasi, menetapkan dan melegalkan target dan mengkomunikasikannya, serta mengkaji hasil dan melihat tercapai atau tidaknya target. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang bermaksud melihat proses dari objek penelitian yang sudah ditentukan yaitu pemeriksaan retribusi izin mendirikan bangunan di Kabupaten Purwakarta yang difokuskan pada perencanaan penerimaannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, serta studi literatur atau studi kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh kesimpulan bahwa kelima langkah dalam perencanaan, pada umumnya belum mencapai hasil optimal. Faktor-faktor penghambatnya adalah kebijakan yang tumpang tindih, perubahan lingkungan, prosedur perizinan yang panjang, mekanisme lintas sektor yang belum cukup terkoordinasi, serta masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya surat izin mendirikan bangunan dan masih terbatasnya sumber daya manusia dalam pelaksanaan kegiatan peningkatan penerimaan retribusi izin mendirikan bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan;Penerimaan Retribusi;Retribusi Izin Mendirikan Bangunan
Subjects: International Commerce, Foreign Trade > Tariff Policy
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Elgan Briliaji
Date Deposited: 13 Aug 2019 08:31
Last Modified: 13 Aug 2019 08:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22455

Actions (login required)

View Item View Item