Hubungan kreativitas dengan berpikir kreatif siswa dalam membuat produk pada materi daur ulang limbah: Penelitian korelasional pada siswa kelas X SMA Al Ma’soem

Listiana, Linda (2016) Hubungan kreativitas dengan berpikir kreatif siswa dalam membuat produk pada materi daur ulang limbah: Penelitian korelasional pada siswa kelas X SMA Al Ma’soem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (877kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Al Ma‟soem Rancaekek diperoleh temuan bahwa hasil belajar beberapa siswa kelas X pada materi daur ulang limbah belum mencapai kriteria kelulusan minimum (KKM) yang ditetapkan. Materi daur ulang limbah dalam KTSP menuntut kreativitas dan berpikir kreatif siswa dalam mengatasi permasalahan limbah dengan pembuatan suatu produk daur ulang. Strategi pembelajaran yang tepat sebenarnya dapat membantu untuk meningkatkan hasil belajar, berpikir kreatif dan kreativitas pada siswa. Penelitian-penelitian sebelumnya membuktikan bahwa berbagai model dan metode pembelajaran mampu meningkatkan kreativitas dan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kreativitas dan berpikir kreatif siswa dalam membuat produk pada materi daur ulang limbah. Kreativitas merupakan suatu konstruk yang multi-dimensional, terdiri dari berbagai segi yaitu kognitif (berpikir kreatif), afektif (sikap dan kepribadian), dan psikomotor (keterampilan kreatif). Berpikir kreatif merupakan proses mental yang menghasilkan kreativitas berupa gagasan, ide, keterampilan, produk, dan lain-lain sebagai hasil akhir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode yang diupayakan untuk mengamati kemudian menggambarkan permasalahan secara sistematis dan akurat melalui fakta-fakta tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Al Ma‟soem yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data untuk kreativitas dijaring dengan menggunakan rancangan produk dan produk yang dibuat oleh siswa, sedangkan berpikir kreatif dijaring dengan menggunakan test tertulis. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata siswa memiliki kemampuan kreativitas yang baik (68.9) dalam merancang produk dan sangat baik (81.0) dalam membuat produk, sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh hasil yang baik (68.3). Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara kreativitas dengan berpikir kreatif siswa diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.687 yang termasuk dalam kategori korelasi sedang. Hasil tersebut menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kreativitas dengan berpikir kreatif siswa dalam pembuatan produk pada materi daur ulang limbah. Harga koefisien determinasi yang diperoleh adalah KD = 47%, artinya kreativitas mempengaruhi berpikir kreatif sebesar 47% dan ada faktor lain yang berpengaruh terhadap berpikir kreatif selain kreativitas sebesar 53%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas siswa; daur ulang limbah;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:45
Last Modified: 01 Aug 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22456

Actions (login required)

View Item View Item