Layanan Konseling individu dengan menggunakan pendekatan Eksistensial Humanistik untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa: Penelitian pada Himpunan Alumni Ponpes At-Tarbiyyah "HIKMAT" dilingkungan UIN SGD Bandung

Shiamudin, Janjan (2019) Layanan Konseling individu dengan menggunakan pendekatan Eksistensial Humanistik untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa: Penelitian pada Himpunan Alumni Ponpes At-Tarbiyyah "HIKMAT" dilingkungan UIN SGD Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa sebagian mahasiswa memiliki kemampuan penyesuaian diri yang rendah. Sedangkan mahasiswa dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir dan kerencanaan dalam bertindak. Berpikir kritis dan bertindak dengan cepat dan tepat merupakan sifat yang cenderung melekat pada diri setiap mahasiswa. Maka ketika ada sejumlah mahasiswa yang tidak sesuai dengan anggapan publik, tentu membutuhkan bantuan yang salahsatunya pemberian layanan konseling individu seperti halnya yang dilakukan oleh Himpunan Alumni Ponpes At-Tarbiyyah “HIKMAT”. Berdasarkan latar belakang tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penyesuaian diri mahasiswa, untuk mengetahui proses layanan konseling individu yang diberikan Himpunan, serta untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari layanan konseling tersebut. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa konseling merupakan proses pemberian bantuan yang diberikan oleh seorang ahli kepada individu atau sekelompok orang yang bertujuan agar seorang konseli dapat mengembangkan kemampuan yang ia miliki dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif yakni dengan menggambarkan fakta secara aktual dan sistematis mengenai layanan konseling individu untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa dilingkungan universitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal kemampuan penyesuaian diri mahasiswa dilingkungan universitas sebelum diberikan layanan konseling di Himpunan Alumni Ponpes At-Tarbiyyah banyak mahasiswa yang merasa masih bingung untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan universitas. Upaya yang dilakukan para fasilitator di Himpunan dalam membantu meningkatkan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa dilingkungan universitas yaitu melalui program layanan konseling yang dilakukan secara terjadwal. Hasil layanan konseling di Himpunan Alumni Ponpes At-Tarbiyyah dalam membantu meningkatkan kemampuan penyesuaian diri mahasiswa yaitu dengan terbuktinya beberapa testimoni. Sudah banyak mahasiswa anggota Himpunan yang sudah mampu menjadi mahasiswa yang tidak individualis, tidak apatis, aktif, kritis, dan mampu bersoailisasi, itu sebagai bentuk bahwa mereka telah mampu menyesuaikan diri dengan baik dilingkungan universitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konseling; Penyesuaian Diri; Mahasiswa
Subjects: Applied Psychology
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: janjan shiamudin
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:43
Last Modified: 05 Aug 2019 01:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item View Item