Pengaruh piutang usaha pihak ketiga dan persediaan bersih terhadap Total Aset lancar pada PT. Aneka Tambang Tbk periode 2011-2018

Nur'azizah, Firda Firmani (2019) Pengaruh piutang usaha pihak ketiga dan persediaan bersih terhadap Total Aset lancar pada PT. Aneka Tambang Tbk periode 2011-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Aset perusahaan umumnya dikelola dengan baik dengan tujuan memperoleh keuntungan yang telah ditargetkan, sebagiannya dikembalikan menjadi aset yang mudah untuk dilikuidasi dalam kurun waktu satu tahun, seperti aset lancar dan yang mempengaruhinya. Penelitian ini memfokuskan pada Piutang Usaha Pihak Ketiga dan Persediaan Bersih sebagai hal yang dapat meningkatkan total aset lancar pada PT. Aneka Tambang Tbk. Apabila Piutang Usaha Pihak Ketiga dan Persediaan Bersih meningkat, maka akan meningkat pula Total Aset Lancar, begitupun sebaliknya. Hanya saja dalam beberapa periode di PT. Aneka Tambang Tbk terdapat ketidaksesuaian. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh Piutang Usaha Pihak Ketiga secara parsial terhadap Total Aset Lancar, 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh Persediaan Bersih secara parsial terhadap Total Aset Lancar, dan 3) mengetahui pengaruh Piutang Usaha Pihak Ketiga dan Persediaan Bersih terhadap Total Aset Lancar secara simultan pada PT. Aneka Tambang Tbk periode 2011-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial menggunakan analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan menggunakan analisis regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Didukung dengan SPSS Statistics Versi 20 dan Microsoft Excel 2013 sebagai penunjang pengelolaan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder laporan keuangan yang dipublikasi PT. Aneka Tambang Tbk. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) Piutang Usaha Pihak ketiga secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Total Aset Lancar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 30,8%, kemudian hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung < ttabel dengan nilai -3,530 < 2,048 maka Ho diterima dan Ha ditolak, 2) Persediaan bersih secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Total Aset Lancar dengan koefisien determinasi sebesar 0,2% selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa titung < ttabel dengan nilai -0,238 < 2,048 maka Ho diterima dan Ha ditolak, dan 3) Secara simultan Piutang Usaha Pihak Ketiga dan Persediaan Bersih berpengaruh positif dan signifikan terhadap Total Aset Lancar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 30,8% dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel dengan nilai 6,009 > 3,35 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Piutang Usaha Pihak Ketiga; Persediaan Bersih; Total Aset Lancar
Subjects: Financial Economics, Finance
Business
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Firda Firmani Nur'azizah
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:47
Last Modified: 05 Aug 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22470

Actions (login required)

View Item View Item