Pengaruh jumlah persediaan dan aset tetap terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus pada PT. Kimia Farma tbk periode 2014-2017

Suciati, Nely Uci (2019) Pengaruh jumlah persediaan dan aset tetap terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus pada PT. Kimia Farma tbk periode 2014-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_ BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Persediaan merupakan pos aktiva yang dimiliki perusahaan untuk dijual dalam bisnis normal atau barang untuk membuat barang yang akan dijual. Sedangkan aset tetap merupakan harta kekayaan perusahaan yang sifatnya permanen digunakan dalam operasi perusahaan dan dibeli bukan untuk dijual. Kedua komponen ini menjadi faktor dari baik tidaknya total aset yang tentunya akan menunjukan kekayaan suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Persediaan secara parsial terhadap Total Aset; 2) Pengaruh Aset Tetap secara parsial terhadap Total Aset; 3) Pengaruh Persediaan dan Aset Tetap secara simultan terhadap Total Aset pada PT. Kimia Farma, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif dan analisis verifikatif, Data yang digunakan adalah data sekunder yang di dapat dari Laporan Publikasi Triwulan PT. Kimia Farma, Tbk di website http://www.kimiafarma.co.id/. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Asosiatif dan Analisis Komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Persediaan di PT. Kimia Farma, Tbk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Aset, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung ≤ ttabel dengan nilai 10,36 ≤ 13,65 maka H0 diterima dan Ha ditolak dengan tingkat signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 88,4 %, 2) Aset Tetap di PT. Kimia Farma, Tbk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung ≥ ttabel dengan nilai 14,89 ≥ 13,65 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan tingkat signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi sebesar 94,0% 3) Secara simultan, Persediaan dan Aset Tetap di PT. Kimia Farma, Tbk berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung ≤ Ftabel dengan nilai 186,315 ≥ 3,81 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan tingkat signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 99,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persediaan; Aset Tetap; dan Total Aset;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nely Uci
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:53
Last Modified: 09 Sep 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22491

Actions (login required)

View Item View Item