Bimbingan Agama untuk meningkatkan Afirmasi pasien Amputasi rawat Inap: Penelitian di unit Warois RSD Gunung Jati jalan Kesambi Raya No. 56 Kota Cirebon

munawaroh, munawaroh (2019) Bimbingan Agama untuk meningkatkan Afirmasi pasien Amputasi rawat Inap: Penelitian di unit Warois RSD Gunung Jati jalan Kesambi Raya No. 56 Kota Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab2.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7_bab4.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_daftarpustaka.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Kesehatan jasmani dan rohani merupakan keinginan semua orang, pada saat manusia mengalami suatu chapter hidup yang harus dilalui yaitu sakit, maka akan terdapat berbagai kemungkinan menerima kondisi sakit dengan penuh kesadaran spiritual bahwa itu harus terjadi dan dijalani, menolak kondisi sakit karena tidak menyenangkan. Sakit bukan hanya masalah fisik semata tetapi lebih luas dari itu yaitu menyangkut masalah psiko (kejiwaan) juga. Dengan demikian kepedulian tehadap mereka yang sakit seharusnya perlu dilihat secara utuh dan menyeluruh dari segi bio, psiko, sosio, spiritual. Seperti pasien amputasi yang sering sekali mengalami sedih, cemas, murung dan kurang percaya diri karena harus kehilangan salah satu dari anggota tubuhnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi penerimaan diri pasien amputasi rawat inap yang mengalami cemas dan kehawatiran akan kehilangan pekerjaan, untuk mengetahui proses bimbingan agama di RSD Gunung Jati Kota Cirebon dan untuk mengetahui hasil bimbingan agama di RSD Gunung Jati Kota Cirebon untuk meningkatkan afirmasi pasien amputasi rawat inap. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode deskriptif dan melalui pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka, melaikan berupa data yang berasal dari naskah wawancara, wawancara dilakukan untuk memperoleh data tentang bimbingan agama di RSD Gunung Jati Kota Cirebon dan kondisi pasien amputasi rawa inap. Observasi dilakuan untuk mengamati kegitan bimbingan agama untuk meningkatkatn afirmasi pasien amputasi rawat inap. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi langsung di RSD Gunung Jati Kota Cirebon Jalan Kesambi Raya No. 56 Kota Cirebon 45134 yang didukung oleh penelitian, buku-buku, serta jurnal yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan agama di RSD Gunung Jati mampu meningkatkan afirmasi pasien amputasi. Dari pengamatan sebelum dan sesudahdiberikan bimbingan didadapati adanya peningkatan afirmasi pada pasien amputasi. Pasien lebih merasa tenang, nyaman dan termotivasi dengan senantiasa sabar dan ikhlas dengan kondisi yang sedang dialaminya saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Pasien Amputasi; Afirmasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: munawaroh munawaroh
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:35
Last Modified: 02 Aug 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22505

Actions (login required)

View Item View Item