Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh : Penelitian di Panti Asuhan Insan Harapan Muhammadiyah Bandung

Widiati, Sri (2019) Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh : Penelitian di Panti Asuhan Insan Harapan Muhammadiyah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh peristiwa yang terjadi pada anak asuh di Panti Asuhan Insan Harapan Muhammadiyah Bandung bahwa terdapat beberapa anak asuh yang masih kurang disiplin. Kedisiplinan pada anak asuh dapat ditingkatkan melalui beberapa hal atau cara. Salah satu cara yang dilakukan oleh Panti Asuhan Insan Harapan Muhammadiyah adalah dengan pemberian bimbingan kelompok. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh, apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh serta bagaimana hasil bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh di Panti Asuhan Insan Harapan Muhammadiyah Bandung. Menurut Crow & Crow bimbingan merupakan bantuan yang diberikan oleh individu baik laki-laki maupun perempuan yang mempunyai pribadi yang baik dari segi pendidikan yang layak untuk individu dari segala usia untuk membantunya mengemudikan berbagai kegiatan hidupnya, meningkatkan arah pandangan dan menciptakan alternatif serta menanggung tugasnya. Bimbingan kelompok merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli dengan memanfaatkan dinamika kelompok dan menimbulkan interaksi antar anggota kelompok. Pelaksanaan bimbingan kelompok ini diharapkan adanya peningkatan kedisiplinan pada anak asuh. Menurut Hurlock, disiplin berasal dari kata yang sama dengan “Discipline” yaitu individu yang belajar dari atau secara sukarela mengikuti pimpinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan metode deskriptif dengan menggambarkan atau memaparkan berbagai peristiwa dan situasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok melibatkan materi, metode dan media bimbingan kelompok dan dilakukan dengan beberapa tahapan; faktor pendukung pelaksanaan bimbingan kelompok yaitu adanya dukungan pengurus, letak asrama dan peraturan panti, kemudan penghambatnya adalah latar belakang pendidikan pembimbing, sarana dan manajemen waktu anak asuh; Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kedisiplinan pada anak asuh. Peningkatan kedisiplinan ini ditandai dengan adanya perubahan secara bertahap yang terjadi pada anak asuh di Panti Asuhan Insan Harapan Muhammadiyah Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok;Kedisiplinan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sri Sri Widiati
Date Deposited: 02 Aug 2019 08:52
Last Modified: 02 Aug 2019 08:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22520

Actions (login required)

View Item View Item