Relevansi konsep Islam Nusantara dengan konsep pendidikan agama Islam: Analisis ilmu pendidikan Islam

Arwani, Wildan (2019) Relevansi konsep Islam Nusantara dengan konsep pendidikan agama Islam: Analisis ilmu pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Menguatnya wacana Islam Nusantara akhir-akhir ini sontak membuat gaduh bumi pertiwi. Kontroversi, pro-kontra, serta kritik dari berbagai elemen masyarakat ikut serta dalam meramaikan kemunculan wacana Islam Nusantara. Islam Nusantara dianggap berbeda dengan Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw, ada juga yang menganggapnya sama bercorak Nusantara. Persoalanya, apakah konsep Islam Nusantara relevan dengan konsep Pendidikan agama Islam?. Penelitian ini bertuan untuk mengetahui (1) konsep Islam Nusantara (2) konsep pendidikan agama Islam (3) Relevansi Islam Nusantara dengan konsep pendidikan agama Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode library research. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan datanya adalah dokumentasi yaitu mengumpulkan data-data tertulis yang menunjang penelitian ini. Adapun analisis datanya menggunakan content analysist yang penulis gunakan untuk memaparkan relevansi konsep Islam Nusantara dengan konsep PAI dari buku Islam Nusantara karya Ahmad Sahal dkk dan literatur-literatur yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Dalam penelitian ini diperoleh beberapa hal penting yaitu: pertama, Islam Nusantara merupakan istilah untuk Islam di Nusantara. Islam Nusantara berkarakteristik tawasuth (moderat), tasamuh (toleransi), inklusif dan anti radikal. Wacana Islam Nusantara bertujuan merefleksi bangsa ini terhadap sejarah masuknya Islam ke Nusantara secara damai. Metode dakwah Islam di Nusantara antara lain: akulturasi budaya, indigenisasi, vernakulasi, dan interpretasi nilai-nilai ajaran Islam kepada budaya lokal serta mengaktualisasikanya dengan perkembangan zaman. Kedua, PAI adalah usaha sadar terencana dalam mengajarkan ajaran Islam pada peserta didik yang berlandaskan pada Pancasila, Undang-Undang serta Qur’an dan Hadist. Metode PAI antara lain: metode ceramah, metode demonstrasi, metode kisah/cerita, metode simulasi dll. PAI bertujuan menciptakan insan paripurna menurut Qur’an dan Hadist. Ketiga, analisis ilmu pendidikan Islam terhadap relevansi konsep Islam Nusantara dengan konsep PAI yaitu: konsepsi Islam Nusantara dengan konsep pendidikan agama Islam di Indonesia relevan dari segi kerakteristiknya yang cocok dengan kontur sosio kultural indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Islam Nusantara; Konsep Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Worship
Islam > Islamic Ethics, Practice
Islam > Islamic History
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wildan Wildan p
Date Deposited: 07 Aug 2019 00:42
Last Modified: 07 Aug 2019 00:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22565

Actions (login required)

View Item View Item