Pengaruh relaksasi melalui Zikir Ar-raḥmān dan Ar-raḥīm dalam menangani gangguan Insomnia: Studi kasus pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2016 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Sani, Yeny Yuliana (2019) Pengaruh relaksasi melalui Zikir Ar-raḥmān dan Ar-raḥīm dalam menangani gangguan Insomnia: Studi kasus pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2016 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abtrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dari gangguan insomnia di Indonesia ada 50% masyarakat yang mengalami gangguan insomnia. Maka dari itu, agar gangguan insomnia tersebut tidak semakin membesar dan mengganggu aktivitas sehari-hari, untuk itu diperlukan suatu terapi atau treatment, dan treatment yang di lakukan adalah relaksasi zikir Ar-raḥmān dan Ar-raḥīm. Perpaduan antara respon relaksasi dengan bentuk keyakinan ini menjadikan treatment yang di gunakan sangat efektif untuk menyembuhkan insomnia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah relaksasi zikir A-raḥmān dan Ar-raḥīm pada mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2016 UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara efektif dapat mengatasi gangguan insomnia, dan untuk mengetahui pengaruh relaksasi zikir Ar-rahman dan Ar-rahim dalam menangani gangguan insomnia. Mengapa relaksasi zikir dapat menjadikan orang tenang, dan ada apa didalamnya. Sehingga membuat jiwa sehat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, adapun design penelitiannya yaitu dengan menggunakan design one group pretest-posttest, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa treatment serta hubungan antara variabel X (relaksasi zikir Ar-raḥmān dan Ar-raḥīm) dengan variabel Y (gangguan insomnia) Dari analisis data diperoleh hasil penelitian yang dilakukan di Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2016 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ada 40 orang mahasiswa dari 200 mahasiswa yang mengalami gangguan insomnia. Dan dilakukan eksperimen dengan menggunakan relaksasi zikir Ar-raḥmān dan Ar-raḥīm, setelah ditempuh dengan perhitungan didapatkan besarnya tingkat pengaruh relaksasi zikir Ar-raḥmān dan Ar-raḥīm pada mahasiswa berada pada angka 90%. Dari presentase tersebut menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa merasakan adanya pengaruh atau efek setelah melakukan relaksasi zikir. Sebagai bukti yaitu: responden merasa lebih rileks, tenang, damai, dan stres yang menyebabkan sulit tidurnya berkurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Relaksasi;Zikir;Ar-raḥmān-Ar-raḥīm;Gangguan Insomnia;
Subjects: Psychology
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Yeny Yuliana Sani
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:34
Last Modified: 06 Aug 2019 03:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22602

Actions (login required)

View Item View Item