Pengaruh model pembelajaran imajinatif terhadap hasil belajar siswa pada siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis narasi : penelitian di kelas V MI Nurul Hikmah Ciparay Kabupaten Bandung

Purnamasari, Intan (2015) Pengaruh model pembelajaran imajinatif terhadap hasil belajar siswa pada siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis narasi : penelitian di kelas V MI Nurul Hikmah Ciparay Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)

Abstract

Keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah terpenuhinya aspek efektivitas belajar siswa. Pembelajaran yang monoton, berpusat pada guru, akan cenderung pasif dan membuat siswa tidak mampu mengembangakan pengalaman belajarnya. Berdasarkan pada studi pendahuluan, bahwa seluruh aktivitas belajar siswa berlangsung konvensional menyebabkan siswa kurang minat dan semangat belajar, terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang cenderung membosankan saat proses pembelajaran berlangsung. Seperti hal nya ketika siswa sedang belajar menulis karangan narasi, guru hanya memberikan tema saja, tanpa memberiakn stimulus terlebih dahulu agar siswa mempunyai imajinasi yang lebih berkembang lagi, akibatnya hasil karangan siswa tidak mencapai hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruhi penerapan model pembelajaran imajinatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis narasi di kelas V MI Nurul Hikmah Ciparay Kabupaten Bandung. Model pembelajaran Imajinatif mengupayakan belajar yang interaktif, dan mampu menstimulus siswa agar mengembangkan imajinasinya lebih baik lagi, model pembelajaran ini berpusat pada siswa, dan guru membimbing siswa. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Imajinatif dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas V MI Nurul Hikmah Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen tentang pengaruh penerapan model pembelajaran imajinatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis narasi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design¸dengan instrumen penelitian berupa lembar soal. Responden penelitian terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran imajinatif memiliki nilai rata-rata 79,85 dibadingkan sebelum pembelajaran yaitu 47 Sedangkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 52,5 dibandingkan sebelum pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 43,5. Sehingga hasil penelitian antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil belajar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; ,menulis narasi; bahasa indonesia; MI; belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education
Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:00
Last Modified: 06 Aug 2019 03:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22624

Actions (login required)

View Item View Item