Manfaat tawakal terhadap gangguan kecemasan studi analisis pasien usia produktif di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Ilahi jln Pertamina no 12A Cipadung Wetan Bandung

Andini, Andini (2019) Manfaat tawakal terhadap gangguan kecemasan studi analisis pasien usia produktif di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Ilahi jln Pertamina no 12A Cipadung Wetan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Manfaat adalah sesuatu yang memberikan pengaruh pada sesuatu hal sehingga terjadi sebuah perubahan suatu fungsi terhadap sesuatu. Tawakal merupakan bagian dari dimensi spiritual yang dibangun dari sebuah kepercayaan secara penuh terhadap Tuhan. Manfaat dari tawakal secara penuh kepada Tuhan akan berdampak pada ibadah dan psikis seseorang yang pada keberlangsunganya akan menjadikan pribadi yang sehat secara jasmani dan ruhani. Hal ini dapat dibuktikan saat seseorang sehat secara jasmani dengan segala kecukupan materi yang dimiliki, meninggalkan banyak kegelisahan yang membuat orang banyak yang merasa putus asa dan bahkan kecemasan yang tidak beralasan. Sehingga kesehatan ruhani merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi gejolak batin masyarakat pada zaman sekarang. melalui pemahaman akan nilai-nilai tawakal dan mengambil manfaat dari tawakal kemudian diterapkan dalam kehidupan baik sebagai pengamalan atau pengobatan yang akan mengarahkan pada kesehatan ruhani dan ketenangan batin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami Manfaat Terapi Tawakkal Terhadap Gangguan Kecemasan pada Pasien Usia Produktif di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Ilahi Jln Pertamina No. 12A Cipadung Wetan Bandung. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memperkaya keilmuan, yaitu Tasawuf dan Psikoterapi sebagai disiplin ilmu terutama tentang psikoterapi melalui pendekatan nilai-nilai tasawuf. Sehingga pada akhirnya dimiliki pemahaman akan pentingnya pendekatan nilai-nilai tasawuf dalam proses psikoterapi. Penelitian ini menggunakan metode studi analisis dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode studi analisis peneliti dapat memahami hubungan dan keterkaitan antara kedua indikator secara mendalam melalui wawancara langsung dengan pasien rawat inap dan rawat jalan usia prosukti, selain pada pasien data-data pada penelitian didukung dengan wawancara langsung dengan perawat, dokter dan keluarga pasien di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Ilahi. Setelah semua data-data terkumpul, kemudian peneliti menganalisis data-data tersebut yang terkumpul secara objektif, lalu mengklasifikasikannya sesuai dengan penelitian yang dimaksud dalam penelitian ini, menganalisis di dalam isi penelitian dan menarik kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Manfaat tawakal terhadap pasien usia produktif yang mengalami gangguan kecemasan di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Ilahi berperan aktif terhadap pasien yang memahami nilai-nilai dasar tawakal dan diaplikasikan dalam ibadah harian pasien dan menunjukan peran kurang efektif terhadap pasien yang kurang dan bahkan tidak memahami nilai-nilai dasar tawakal dan mengaplikasikan dalam ibadah harian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manfaat; Tawakal; Gangguan Kecemasan; Usia Produktif
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Andini Andini
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:31
Last Modified: 06 Aug 2019 07:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22634

Actions (login required)

View Item View Item