Efektivitas pelaksanaan bimbingan Rehabilitasi klien pemasyarakatan tindak pidana Narkotika di Balai Pemasyarakatan Klas I Bandung

surya, kristi monica (2019) Efektivitas pelaksanaan bimbingan Rehabilitasi klien pemasyarakatan tindak pidana Narkotika di Balai Pemasyarakatan Klas I Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER(1).pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRACT.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI(1).pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Tindak pidana dalam penyalahgunaan narkoba yang sudah ketergantungan sangat sulit untuk terlepas dari narkotika. Oleh karena itu masalah tindak pidana narkotika harus ditangani dengan diadakannya bimbingan rehabilitasi klien pemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Balai Pemasyarakatan Klas I Bandung. Bimbingan rehabilitasi yang dilakukan Balai Pemasyarakatan Klas I Bandung yaitu proses pengobatan dan membebaskan pecandu dari ketergantungan, bentuk perlindungan sosial yang mengintegrasikan pecandu narkotika ke dalam tertib sosial agar dia tidak lagi melakukan penyalahgunaan narkotika, dan mengayomi masyarakat dari gangguan kejahatan dan sekaligus mengayomi narapidana serta memberikan bekal hidup menjadi lebih baik lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan rehabilitasi oleh Balai Pemasyarakatan Klas I Bandung. Dan untuk mengetahui cara penanggulangan pelanggaran bimbingan rehabilitasi tindak pidana narkotika di Balai Pemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan berdasarkan teori Efektivitas Duncan dan Steers (1985-83) yaitu Pencapaian Tujuan (proses yang merupakan bagian puncak dari usaha keseluruhan suatu program), Integrasi (pengukuran terhadap tingkat kemampuan suatu organisasi untuk mengadakan sosialisasi, pengembangan konsesus, dan komunikasi), Adaptasi (penyesuaian diri yang dilakukan untuk menyelaraskan suatu individu terhadap perubahan–perubahan yang terjadi di lingkungannya). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal ini dilakukan dalam rangka pengumpulan data primer dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa referensi buku dengan tema penelitian untuk mendukung data sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksnaan bimbingan rehabilitasi yang dilaksanakan oleh Balai PemasyarakatanKlas I Bandung kurang efektif yaitu dari Warga Binaan itu sendiri. Karena dalam proses pemasyarakatan sering terbentur sikap kemauan Warga Binaan yang tidak ingin berubah. Adapun cara penanggulangannya adalah harus adanya Pekerja Sosial yang diperkerjakan guna membantu permasalahan yang dihadapi oleh Warga Binaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas;Bimbingan Rehabilitasi;Klien;Tindak Pidana Narkotika
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Kristi Monica Surya
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:47
Last Modified: 06 Aug 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22636

Actions (login required)

View Item View Item