Implementasi kebijakan pengelolaan perparkiran di gedung dan pelataran parkir di Kota Bandung: studi kasus di BPPD Kota Bandung

Armidiana, Armidiana (2019) Implementasi kebijakan pengelolaan perparkiran di gedung dan pelataran parkir di Kota Bandung: studi kasus di BPPD Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi dalam pengelolaan pajak parkir di Kota Bandung dimana masih terdapat beberapa masalah seperti perbedaan tarif parkir yang telah di tetapkan oleh pemerintah dengan tarif parkir di lapangan, Masih tingginya angka pelanggaran parkir liar di kota bandung, dan anyaknya penyedia penyelenggaraan tempat parkir yang tidak terdaftar sebagai wajib parkir dan tidak mengantongi IPTP. Peneliti melakukan penelitian tentang Peraturan Pemerintah Nomor 1005 Tahun 2014 tentang Harga Sewa Parkir dan Petunjuk Teknis Pengelolaan Perparkiran di Gedung dan Pelataran Parkir di Kota Bandung yang tujuannya adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan implementasi kebijakan tentang harga sewa parkir dan pengelolaan perparkiran di kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model implementasi kebijakan menurut George Edward III yang menyebutkan adanya faktor-faktor yang menentukan keberhasilan implementasi kebijakan yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mana teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Serta menggunakan teknik analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Peraturan Walikota Nomor 1005 Tahun 2014 tentang Harga Sewa Parkir dan Petunjuk Teknis Pengelolaan Perparkiran di Gedung dan Pelataran Parkir di Kota Bandung belum berjalan optimal, hal ini dilihat dari beberapa faktor. Pertama untuk komunikasi sudah terlaksana dengan baik dimana peraturan tersebut sudah dapat dan wajib dipahami oleh semua pegawai di BPPD kota Bandung. Kedua untuk sumberdaya belum optimal karena sumber daya manusia. Kemudian adanya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan pajak parkir sudah cukup baik. Ketiga untuk disposisi belum berjalan dengan baik, karena tidak adanya pembaharuan strategi yang dilakukan oleh pegawai BPPD Kota Bandung. Keempat untuk struktur birokrasi sudah berjalan dengan baik begitu juga dalam sikap dan hubungan antara pemimpin dan bawahan sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pajak Parkir; Peraturan Walikota Nomor 1005 Tahun 2014; Harga Sewa Parkir;
Subjects: Public Administration
Public Administration > General Publications of Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities
Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: armidiana armidiana
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:42
Last Modified: 08 Aug 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22684

Actions (login required)

View Item View Item