Penggunaan media musik Religi dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam materi jujur dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa penelitian di kelas X IPS 1 dan 2 SMA A-Islam Kota Bandung

Malik, Wildan Abdul (2019) Penggunaan media musik Religi dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam materi jujur dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa penelitian di kelas X IPS 1 dan 2 SMA A-Islam Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Al-Islam Kota Bandung bahwa kemampuan dalam proses pembelajaran berlangsung masih banyak siswa kurangnya minat belajar di dalam kelas dengan media pembelajaran yang masih umum. Peneliti mencoba akan menerapkan media musik religi dalam pembelajaran PAI materi jujur, dengan rumusan masalah yaitu, bagaimana penerapan media musik religi pada pembelajaran PAI materi jujur? bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI materi jujur dengan penerapan media musik religi? bagaimana pengaruh penerapan media musik religi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI materi jujur?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Penerapan media musik religi pada pembelajaran PAI materi jujur (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI materi jujur dengan penerapan musik religi (3) Pengaruh penerapan media musik religi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI materi jujur. Secara teoritis, media pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Media musik religi diasumsikan dapat merangsang kreativitas dan kemampuan berfikir siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Proses penerapan media musik religi dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan tingkat keterlaksanaan 88 % termasuk kategori sangat baik. (2) Hasil belajar siswa pada pendidikan agama islam materi jujur memiliki nilai rata-rata sebesar 87,33 termasuk katergori sedang. (3) Pengaruh media musik religi terhadap hasil belajar siswa mata pelajara pendidikan agama islam memiliki skor N-Gain 0,63 termasuk dalam kategori sedang. Adapun penghitungan data hasil belajar diperoleh nilai thitung 7,3 dan nilai ttabel 2,14. Karena nilai thitung (7,3) > nilai ttabel (2,14), maka Ho ditolak. Artinya hasil belajar antara kelompok kelas eksperimen yang menggunakan media musik religi dan kelompok kelas kontrol yang tidak menggunakan media musik religi terdapat perbedaan yang signifikan. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan media musik religi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Al-Islam Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Musik Religi; Hasil Belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Principles of Music and Musical Form > Islamic Sacred Music
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wildan Abdul Malik
Date Deposited: 09 Sep 2019 06:40
Last Modified: 09 Sep 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22736

Actions (login required)

View Item View Item