Peran penyuluh Bina keluarga balita dalam pengasuhan Islami anak di Bina Keluarga Balita Sinar Cempaka Desa Bunihayu Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang

Dewi, Neni Nuratmya (2017) Peran penyuluh Bina keluarga balita dalam pengasuhan Islami anak di Bina Keluarga Balita Sinar Cempaka Desa Bunihayu Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text (BAB IV)
7_AB IV revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)

Abstract

Anak adalah anugerah Allah yang diamanahkan kepada orangtua, salah satu wujud rasa syukur orangtua atas amanah tersebut dengan berusaha mendidik sebaik-baiknya melalui pengasuhan yang sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah Rasul. Banyaknya orangtua yang gagal dalam mengasuh anak bukan karena kurangnya kasih sayang dari orangtua tetapi belum pahamnya orangtua mengenai pengasuhan yang baik dan benar, terutama orangtua baru yang belum memahami cara merawat, mendidik dan mengasuh anak pada saat anak berumur 0-6 tahun dan perkembangan apa saja yang harus anak capai pada usia 0-6 tahun. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah mengeluarkan program ketahanan keluarga melalui Bina Keluarga Balita, dalam prosesnya program BKB ini ditangani oleh penyuluh atau kader BKB. Keberadaan penyuluh BKB sebagai penerang bagi orangtua yang mempunyai balita dengan memberikan pemahaman cara mengasuh dan tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan penyuluhan BKB di Sinar Cempaka, upaya penyuluh BKB dalam pengasuhan islami anak di BKB Sinar Cempaka, hasil penyuluhan BKB dalam pengasuhan islami anak di BKB Sinar Cempaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menggambarkan apa adanya mengenai peran penyuluh BKB dalam pengasuhan Islami anak. Adapun teknik data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penyuluhan di BKB Sinar Cempaka telah sesuai prosedur dengan menyiapkan penyuluh, materi, metode, media dan objek penyuluh. Adapun upaya penyuluh dalam pengasuhan islami anak yaitu latar pendidikan penyuluh dan menyelipkan materi keislaman pada saat penyuluhan agar orangtua termotivasi menerapkan pengasuhan islam. Dari hasil penyuluhan peran penyuluh BKB dalam pengasuhan islami menunjukkan adanya perubahan pada diri orangtua dalam mengasuh anak yang tadinya belum optimal menjadi lebih optimal terlihat dari perilaku anak yang menunjukkan perilaku keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Begitupula tumbuh kembang anak mengalami peningkatan seperti pada aspek kognitif, motorik kasar dan halus, emosi, interaksi sosial, komunikasi dan agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bina Keluarga Balita; Pengasuh Islami; Motorik Kasar;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 08 Aug 2019 08:20
Last Modified: 08 Aug 2019 08:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22741

Actions (login required)

View Item View Item