Peran konseling pernikahan dalam menghadapi perceraian: Analisis deskriptif di Badan Penasihatan, Pembinaan, Pelestrasian dan Perkawinan (BP4) KUA Cimenyan

Nurjanah, Romlah Siti (2017) Peran konseling pernikahan dalam menghadapi perceraian: Analisis deskriptif di Badan Penasihatan, Pembinaan, Pelestrasian dan Perkawinan (BP4) KUA Cimenyan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Pernikahan dibentuk sebagai upaya untuk memperoleh kebahagiaan dunia akhirat dan kesejahteraan dalam kehidupan. Akan tetapi, statistik pernikahan menunjukan bahwa dari tahun ke tahun angka perceraian semakin meningkat dan banyak rumah tangga yang terancam kepada kehancuran. Kenyataan akan adanya masalah yang berkaitan dengan pernikahan dan kehidupan keluarga, yang kerap kali tidak dapat diatasi oleh pasangan suami istri, menunjukan betapa pentingnya bantuan konseling dari pihak lain dalam upaya mengatasinya. Oleh karena itu, BP4 Cimenyan merupakan salah satu lembaga yang memberikan pelayanan dibidang penasihatan dan pembinaan bagi mereka calon pasangan suami istri yang akan menikah atau pasangan suami istri yang sedang berselisih. Adapun tujuan dari penalitian ini adalah: (1) untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya perceraian di KUA Cimenyan, (2) untuk mengetahui proses konseling pernikahan yang dilakukan pihak BP4 dalam menghadapi masalah perceraian di KUA Cimenyan, dan (3) untuk mengetahui sousi BP4 KUA Cimenyan dalam menghadapi perceraian. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa BP4 merupakan sebuah lembaga yang mempertinggi mutu pernikahan dan mewujudkan keluarga atau rumah tangga yang bahagia dunia akhirat dan sejarahtera sesuai dengan syariat Islam, BP4 memiliki peranan dan fungsi untuk menanamkan pengertian kepada masyarakat mengenai hukum-hukum pernikahan, ilmu kerumahtanggan dan pembinaan keluarga. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriftif (descriptive research), yang mengungkap fakta-fakta secara aktual dan sistematis mengenai peran konseling pernikahan dalam menghadapi perceraian di KUA Cimenyan. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka perceraian di KUA Kecamatan Cimenyan cukup tinggi karena dalam satu bulan ada tiga sampai empat pasangan suami istri yang bercerai. Adapun faktor penyebab yang paling tinggi yaitu faktor perselingkuhan,ekonomi dan pernikahan usia dini. Adapun proses konseling yang dilakukan oleh pihak BP4 secara garis besar ada dua kategori, yaitu konseling pra nikah yang dilakukan kepada calon pasangan suami istri yang hendak melaksanakan pernikahan dan dilaksanakan 10 hari sebelum hari H, serta konseling pernikahan yang dilakukan kepada pihak suami istri yang sedang berselisih dan bersifat insidentil. Proses konseling tersebut bersifat penasihatan dari pihak BP4. Berdasarkan proses tersebut dapat diketahui bahwa BP4 dapat menjalankan peranannya sebagai fasilitatator yang menjebatani ke Pengadilan Agama bagi pasangan suami istri yang akan tetap melaksanakan perceraian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestraian Perkawinan; Konseling Pernikahan; Perceraian;
Subjects: Islam > Da'wah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Nikah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Aug 2019 06:43
Last Modified: 12 Aug 2019 06:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22746

Actions (login required)

View Item View Item