Peran orangtua dalam menanggulangi penyalahgunaan Gadget pada anak usia pendidikan dasar : Penelitian di Komplek Bumi Adipura Kelurahan Rancabolang Kecamatan Gedebage Bandung

Valda, Valdiyanti N (2017) Peran orangtua dalam menanggulangi penyalahgunaan Gadget pada anak usia pendidikan dasar : Penelitian di Komplek Bumi Adipura Kelurahan Rancabolang Kecamatan Gedebage Bandung. Diploma thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Studi Sosiologi.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy

Abstract

Gadget merupakan alat untuk mempermudah komunikasi antara anak dengan orangtuanya atau menjadi bahan ajar bagi anak, orangtua tidak akan tahu pasti apa yang dilakukan anaknya ketika menggunakan gadget tersebut. Penggunaan gadget pada anak usia pendidikan dasar bukan saja memberikan dampak positif si anak akan tetapi juga dapat memberikan dampak negatif diantaranya mebuat anak malas belajar, terganggunya panca indera serta tulang punggung anak. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa orangtua adalah sebagai pendidik, pembimbing dan pengasuh anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan gadget, dan untuk mengetahui faktor penyebab penggunaan gadget serta peran orangtua dalam menanggulangi penyalahgunaan gadget pada anak usia pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif untuk menggambarkan peran orangtua dalam menanggulangi penyalahgunaan gadget pada anak usia pendidikan dasar di Komplek Bumi ADIPURA Kelurahan Rancabolang Kecamatan Gedebage Bandung. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah orangtua dan anak pengguna gadget. Data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara mendalam dan dokumen berupa profil kelurahan Rancabolang. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data dan verifikasi serta pengambilan kesimpulan. Mengenai peran, Parson menjelaskan bahwa peran merupakan perilaku sosial seseorang yang ditinjau dari segi struktur-sturktur sosial. Dimana peran tersebut dilihat dengan empat konsep fungsi yang dirumuskan oleh Parson yang meliputi: Adaptation (Adaptasi), Goal Attaintment (Pencapaian Tujuan), Integration (Integrasi), dan Latency (Pemeliharaan Pola). Hasil dari penelitian di lapangan menunjukkan bahwa gadget yang digunakan oleh anak berupa smartphone dengan fitur canggih seperti Instagram, facebook dan youtube digunakan sebagai ajang menunjukkan diri di lingkungannya. Sangat berpengaruhnya faktor pergaulan membuat anak bersikap egois untuk mendapatkan gadget dari orangtuanya. Gadget yang diharapkan oleh orangtua menjadi bahan ajar dan alat komunikasi untuk anak, malah menyebabkan pengaruh yang tidak baik. Adanya ketidak fungsian secara baik mengenai peran orangtua dikarenakan sibuknya orangtua di perkotaan dengan pekerjaannya, kurang efektifnya pemberian gadget pada anak dan kurangnya pengetahuan orangtua mengenai teknologi yang terbaru. Sehingga perlunya upaya-upaya yang dilakukan oleh orangtua agar anak tidak menyalahgunakan gadget.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penyalahgunaan;gadget;anak
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: valda valdiyanti n
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:40
Last Modified: 09 Aug 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22766

Actions (login required)

View Item View Item