Manajemen pendidikan karakter melalui kegiatan Kokurikuler keagamaan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Ar-raudloh Kab.Bandung

Farhani, Dea (2019) Manajemen pendidikan karakter melalui kegiatan Kokurikuler keagamaan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Ar-raudloh Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Skripsi.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Digilib.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh MTs Ar-Raudloh yang menjadi tempat penelitian memiliki konsep pendidikan karakter yang unik yaitu penguatan pendidikan karakter dalam kegiatan kokurikuler keagamaan untuk tercapainya peserta didik yang mandiri,unggul, dan berakhlakul karimah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan karakter melalui kegiatan kokurikuler mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, Hasil dan Faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter melalui kegiatan kokurikuler terhadap peserta didik. Penelitian ini berangkat dari pemikiran mengenai fungsi manajemen menurut G.R Terry yaitu planning, organizing, actuating, controling untuk mencapai tujuan lembaga yang telah ditentukan. Maka manajemen yang baik sangat dibutuhkan dalam kegiatan pendidikan karakter di MTs ArRaudloh yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian pendidikan karakter untuk mewujudkan tujuan pendidikan karakter dalam kegiatan kokurikuler keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yakni merupakan suatu metode dalam melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena atau gejala yang bersifat alami pada tempat yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. data tersebut berupa kata-kata, catatan, laporan dan dokumen yang diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, wakil kepala bidang kurikulum dan guru MTs Ar-Raudloh. Data-data tersebut dikumpulkan untuk kemudian disimpulkan sebagai hasil penelitian setelah dilakukan analisis dan uji keabsahan terhadap tersebut. Dari hasil penelitian ini data yang ditemukan dapat disimpulkan perencanaan pendidikan karakter adanya nilai-nilai yang ditanamkan yaitu mandiri,ikhlas,jujur,bertanggung jawab dan santun. Pengorganisasian pendidikan karakter dilakukan dengan struktur organisasi yang jelas dan tugas tupoksi yang jelas. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukannya shalat duha sebelum melaksanakan pembelajaran, shalat dzuhur berjamaah, bimbingan tilawah. Pengendalian pendidikan karakter dilakukan dengan cara monitoring setiap kegiatan kokurikuler keagamaan dan selalu mengadakan evaluasi setiap satu minggu sekali. Keberhasilan pendidikan karakter dapat dilihat dilihat dari kriteria keberhasilan, efektif dan efesien manajemen pendidikan karakter. Faktor penunjang pendidikan karakter adalah SDM, sarana dan prasarana, satndar mutu dan cara pandang masyarakat terhadap pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen;Pendidikan Karakter;Kokurikuler
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: dea farhani
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:03
Last Modified: 09 Aug 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22772

Actions (login required)

View Item View Item