Pemberitaan anggota DPRD Jawa Barat meminta mobil Fortuner analisis wacana model Teun A. Van Dijk tentang berita anggota DPRD Jawa Barat meminta mobil Fortuner pada surat kabar Republika Edisi April-Mei 2016

Hakim, Dede Lukman (2016) Pemberitaan anggota DPRD Jawa Barat meminta mobil Fortuner analisis wacana model Teun A. Van Dijk tentang berita anggota DPRD Jawa Barat meminta mobil Fortuner pada surat kabar Republika Edisi April-Mei 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Anggota DPRD Jawa Barat meminta pengadaan 100 unit mobil Fortuner sebagai kendaraan dinas menuai banyak kecaman dari masyarakat. Kecaman tersebut muncul karena dinilai memboroskan APBD. Semestinya, anggaran itu dialokasikan untuk membantu pemenuhan ekonomi masyarakat, pendidikan dan kesehatan. Melihat hal itu, koran Republika berusaha mengadvokasi masalah tersebut dengan menyajikan pemberitaan yang memihak kepada masyarakat. Sebagai efeknya banyak kalangan masyarakat berunjuk rasa menolak pengadaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiaman teks berita dikonstruksi melalui analisis teks, kognisi sosial, dan konteks sosial dalam pemberitaan anggota DPRD Jawa Barat meminta mobil Fortuner. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan wacana kritis Teun A. Van Dijk yang mengelaborasi elemen analisis wacana, yakni elemen teks, konteks, dan kognisi sosial untuk mendapatkan tujuan dari hasil penelitian secara mendalam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberitaan dari 8 edisi koran Republika dominan membahas penolakan pengadaan dengan menyajikan tulisan berdasarkan kaidah jurnalistik. Mengutamakan fakta dan data yang didapat dari narasumber yang kredibilitasnya tidak diragukan. Selain itu penulisan dilakukan dengan melibatkan pernyataan dari berbagai pihak yang bersangkutan (cover all side).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anggota DPRD Jawa Barat ; Mobil Fortuner; APBD;
Subjects: Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:26
Last Modified: 13 Aug 2019 06:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22840

Actions (login required)

View Item View Item