Pengaruh persediaan dan goodwill terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari’Ah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Global Mediacom Tbk. periode 2015-2018

Ziaulhaq, Muhammad (2019) Pengaruh persediaan dan goodwill terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari’Ah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Global Mediacom Tbk. periode 2015-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi asumsi teoritis bahwa nilai total aset perusahaan dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menjalankan produktifitas roda bisnis nya dan menjadi acuan untuk periode selanjutnya, total aset perusahaan di tentukan oleh beberapa hal yang di antaranya adalah persediaan dan goodwill, jika persediaan dan goodwill mengalami kenaikan maka total aset perusahaan pun akan mengalami kenaikan begitupun sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh persediaan terhadap total aset secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh goodwill terhadap total aset secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh persediaan dan goodwill terhadap total aset secara simultan pada PT Global Mediacom Tbk. Periode 2015-2018. Landasan teori dalam penelitian ini adalah jika nilai total aset pada suatu perusahaan semakin besar maka perusahaan tersebut dapat meningkatkan produktifitas dan mengembangkan laju bisnis pada periode berikutnya, nilai total aset ini salah satunya dipengaruhi oleh tingkat persediaan dan goodwill, jika persediaan dan goodwill meningkat maka total aset pun akan meningkat begitupun sebaliknya, tetapi terdapat penyimpangan pada laporan keuangan PT Global Mediacom Tbk periode 2015-2018 sehingga bertentangan dengan teori yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis asosiatif yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis yaitu uji signifikan parsial (uji t) dan uji signifikan simultan (uji F). Pengelolaan data menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 25.0 dan Microsoft Exel 2010 sebagai penunjang pengelolahan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Global Mediacom Tbk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persediaan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset dengan nilai koefisien determinasi sebesar 70,04%, dengan nilai thitung > ttabel 5,720 > 2,228 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Goodwill secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset dengan koefisien determinasi sebesar 76,8%, dengan nilai thitung > ttabel 6,806 > 2,228 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Secara simultan, Persediaan dan Goodwill berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset dengan nilai koefisien determinasi sebesar 80,7%, dengan nilai Fhitung > Ftabel 27,108 > 3,81. maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persediaan; Goodwill; Total Aset;
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad ziaulhaq
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:58
Last Modified: 14 Aug 2019 03:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22865

Actions (login required)

View Item View Item