Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi larutan penyangga

Supiandi, Ujang (2018) Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi larutan penyangga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Berpikir tingkat tinggi merupakan faktor yang penting dalam dunia pendidikan agar menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam tatanan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah diterapkannya model pembelajaran flipped classroom pada materi larutan penyangga. Metode yang digunakan ialah pre experiment dengan desain one grup pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas mahasiswa dan lembar tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Subjek penelitian merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia semester II kelas A sebanyak 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan N-Gain 0,44 serta termasuk kategori sedang. Hal ini dicapai karena mahasiswa mengeksplorasi materi secara optimal di luar jam tatap muka dengan bantuan video pembelajaran serta dibantu dengan media pembelajaran berbasis instagram. Dengan demikian penerapan model flipped classroom pada materi larutan penyangga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir tingkat tinggi; larutan penyangga; model pembelajaran; flipped classroom; education; HOTS
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ujang Supiandi
Date Deposited: 19 Aug 2019 06:35
Last Modified: 19 Aug 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22934

Actions (login required)

View Item View Item