Analisis semiotika Roland Barthes terhadap foto jurnalistik kabut asap : penelitian pada foto jurnalistik media cetak dan media online edisi 15 September 2015

Anggoro, Wahyu Bambang Arif (2016) Analisis semiotika Roland Barthes terhadap foto jurnalistik kabut asap : penelitian pada foto jurnalistik media cetak dan media online edisi 15 September 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Surat kabar mempunyai fungsi sebagai pemberi informasi kepada khalayak, informasi bisa berupa tulisan dan juga foto yang termuat. Foto yang menjadi salah satu bagian dari media massa mampu memberikan penjelasan secara virtual dalam suatu berita. Selain untuk kebutuhan berita, foto mempunyai pesan berita tersendiri yang ingin disampaikan melalui sebuah visual. Penelitian ini berfokus pada bagaimana membaca sebuah foto yang termuat dalam sebuah media massa, membaca makna dalam foto surat kabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna apa yang terkandung dalam foto-foto jurnalistik pada Media Cetak (Kompas, Media Indonesia, Pikiran Rakyat) dan Media Online (Detik.com, Vivanews.com, Tempo.co) edisi 15 September 2015 tentang bencana “Kabut Asap” yang melanda Sumatera. Penelitian ini bersifat interpretatif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (data yang bersifat tanpa angka-angka atau bilangan), sehingga data bersifat kategori substantif yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan, dan referensi-referensi ilmiah). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik Roland Barthes, yang berguna untuk menganalisis makna dalam foto berita di media cetak maupun media online. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan unit analisis denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam objek penelitian berupa foto dan caption pada media cetak dan media online yang berjumlah 23 foto. Hasil dari penelitian ini adalah keseluruhan foto yang ada pada Media Cetak (Kompas, Media Indonesia, Pikiran Rakyat) dan Media Online (Detik.com, Vivanews.com, Tempo.co) memiliki makna denotasi, konotasi dan mitos yang beroperasi didalamnya. Makna denotasi yang terdapat pada foto terlihat dari objek yang ditampilkan dan tanda-tanda yang muncul dari foto sehingga menunjukkan adanya makna. Makna konotasi foto jurnalistik di penelitian dapat dilihat dari proses produksi foto. Untuk mengetahui makna konotasi pada foto digunakan enam prosedur Roland Barthes guna mendapatkan analisis yang relevan dari sebuah foto jurnalistik. Mitos yang beroperasi pada tanda-tanda dalam foto-foto penelitian ini, terlihat dari objek secara langsung atau apa yang ada dalam foto dan perluasan makna yang ditunjukkan pada makna konotasi sehingga berubah menjadi mitos.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media cetak; media online; jurnalistik; semiotika
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 19 Aug 2019 05:26
Last Modified: 19 Aug 2019 05:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22943

Actions (login required)

View Item View Item