Pengaruh lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan PT Logam Bima Cisangkan

Maryana, Siti (2019) Pengaruh lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan PT Logam Bima Cisangkan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Untuk menciptakan kinerja karyawan yang tinggi, dibutuhkan adanya peningkatan kerja yang optimal dan mampu mendayagunakan potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh karyawan. Kinerja karyawan juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan kerja yang berada di perusahaan baik lingkungan kerja fisik maupun lingkungan kerja non fisik juga karakteristik individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan pada PT. Logam Bima Cisangkan baik secara parsial maupun secara simultan. Lingkungan kerja fisik adalah segala sesuatu yang menyangkut segi fisik dari lingkungan kerja (Wursanto, 2005). Lingkungan kerja non fisik adalah segala sesuatu yang menyangkut segi psikis dari lingkungan kerja (Wursanto, 2005). Karakteristik individu adalah perbedaaan individu dengan individu laiinnya (Robbins, 2006). Kinerja merupakan hasil atau keluaran dari suatu proses (Sedarmayanti, 2009). Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan PT. Logam Bima Cisangkan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 78 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji korelasi, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dilihat dari nilai t hitung > t tabel (6,092 > 1,992) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 . Selain itu variabel lingkungan kerja non fisik tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung < t tabel (0,379 < 1,992) dengan taraf signifikan 0,706 > 0,05. Untuk variabel karakteristik individu berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan Hal ini dilihat dari nilai t hitung > t tabel (4,708 > 1,992) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dari lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik dan karakteristik individu secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini bisa dilihat dari nilai F hitung adalah 44,282 dengan taraf signifikan 0,000 sedangkan nilai f tabel adalah sebesar = F = f(K:n-k) F = f(3:78) = 2,34. Hasil dari koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik dan karakteristik individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 64,2% sedangkan sisanya 35,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kerja Fisik; Lingkungan Kerja Non Fisik; Karakteristik Individu dan Kinerja Karyawan
Subjects: General Management
General Management > Management for Enterprises
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Siti Maryana
Date Deposited: 19 Aug 2019 08:14
Last Modified: 19 Aug 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22948

Actions (login required)

View Item View Item