Manajemen pembiayaan di lembaga Perguruan Tinggi keagamaan Islam swasta : Studi kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam Sukabumi

Permana, Hinggil (2017) Manajemen pembiayaan di lembaga Perguruan Tinggi keagamaan Islam swasta : Studi kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam Sukabumi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu komponen masukan instrumental yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Hampir tidak ada upaya pendidikan yang tidak dapat mengabaikan peranan biaya, sehingga dapat dikatakan tanpa biaya proses pendidikan tidak akan berjalan. Secara umum pembiayaan pendidikan adalah sebuah kompleksitas yang di dalamnya akan saling keterkaitan pada setiap komponennya yang memiliki rentang mulai dari yang bersifat mikro hingga makro. Sumber-sumber pembiayaan pendidikan meliputi sistem dan mekanisme pengalokasiannya, efektivitas dan efisiensi dalam penggunaannya, dan akuntabilitas hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) latar alamiah PTKIS 2) perencanaan pembiayaan, 3) pengorganisasian pembiayaan, 4) pelaksanaan pembiayaan, 5) pengawasan pembiayaan di sebuah lembaga perguruan tinggi keagamaan Islam swasta studi kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam Sukabumi. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan terakhir membuat simpulan. Penelitian ini menghasilkan : 1) Latar alamiah pembiayaan di STAI Sukabumi sebagian besar bersumber dari mahasiswa dan bantuan yayasan. 2) Perencanaan pembiayaan mencakup dua tahapan utama yaitu penyusunan RAPB STAI Sukabumi dan pengembangan RAPB STAI Sukabumi. 3) dalam pengorganisasian pembiayaan, ketua STAI Sukabumi sebagai penanggungjawab atas pelaksanaan pembiayaan yang berada di bawah kendali yayasan, selanjutnya penyebaran dan pelaksanaannya menjadi tanggung jawab bendahara dan penanggung jawab kegiatan. 4) pelaksanaan pembiayaan di STAI Sukabumi terdiri dari penerimaan dan pengeluaran yang berjalan sesuai dengan prosedur atau stadarisasi yang mengacu pada RAPB STAI Sukabumi yang semuanya diarahkan untuk peningkatan mutu dalam membiayai dan mengembangkan standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses pengelolaan kegiatan pembelajaran, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, stnadar pengelolaan, standar pembiayaan, implemetasi sistem penilaian dan penyelenggaraan kegiatan uji kompetensi. 5) pengawasan pembiayaan di STAI Sukabumi dilakukan oleh pihak internal yaitu ketua STAI Sukabumi dan pihak yayasan mulai dari pendapatan sampai pengeluaraan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembiayaan
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 20 Aug 2019 08:05
Last Modified: 20 Aug 2019 08:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22999

Actions (login required)

View Item View Item