Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru MI studi kasus kepala MI Al-Mishbah Bandung

Pauji, Ilham (2016) Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru MI studi kasus kepala MI Al-Mishbah Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

INDONESIA : Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kepemimpinan kepala madrasah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan etos kerja guru di MI AL-MISHBAH BANDUNG, 2) Untuk mengetahui peningkatan etos kerja guru dapat dicapai, 3) Untuk mengetahui gambaran peran kepemimpinan kepala madrasah dalam menghadapi dukungan dan mengatasi hambatan peningkatan etios kerja gurunya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitaif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari informasi, tempat dan aktivitas kegiatan kepemimpinan kepala madarsah, serta dokumen. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, angket dan mencatat dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan menerapkan trianggulasi sember, trianggulasi metode. Teknik analisi data berupa teknik analisis interaktif yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing yang saling berinteraksi. Hasil penelitian berupa pokok-pokok temuan yaitu: 1) Peningkatan etos kerja guru di MI Al-Mishbah Cipadung Bandung ditentukan bagaimana kepala madarasah dapat mengelola manajemen sekolah serta kemampuan menetapkan Visi, Misi, Tujuan Pendidikan MI Al-Mishbah Cipadung Bandung, Strategi, dan Sasaran tepat sesuai dengan situasi dan kondisi madarsah. 2) Peningkatan kualitas kompetensi kepemimpinan kepala madarasah dalam menjalankan tugas dan fungsinya sangat ditentukan motivasi diri kepala madrasah serta bagaimana bisa mengelola Input Pembelajaran, menyelenggarakan Proses Pembelajaran, menghasilkan Output Pembelajaran. 3) Secara keseluruhan kondisi Kepala sekolah MI Al-Mishbah Cipadung Bandung dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Educator (Pendidik), sebagai Manjer, sebagai Administrator, sebagai Supervisor, sebagai Leader (Pemimpin), sebagai Inovator, sebagai Motivator sangat baik sehingga kepala madrasah bisa menjadi contoh dalam melaksanakan tugasnya. ENGLISH : The objectives of this research are 1) To know how to describe the condition of the implementation of the leadership role of headmaster in carrying out its functions to enhance the work ethic of teachers at MI AL-MISHBAH BANDUNG, 2) To find out how work ethic of teachers can be achieved, 3) To know the description of headmaster leadership role in the support and overcome barriers to employment Etios increase teacher. The method used is descriptive Qualitative research. The collection of data obtained from the information, places and activities madarsah leadership activities, as well as documents. Data collection techniques such as interviews, direct observation, questionnaire, and noted the document. Test the validity of the data is done by applying a hoarse triangulation, triangulation method. Data analysis technique in the form of interactive analysis technique that is data reduction, data display, and conclution drawing interacting. Results of the research in the form of specific findings are: 1) Improved work ethic teacher in MI Al-Mishbah Cipadung Bandung determined how the head madarasah can manage the school management and the ability to set its Vision, Mission, Objectives of Education MI Al-Mishbah Cipadung Bandung, Strategy and Goals appropriate to the circumstances madarsah. 2) Improving the quality of leadership competencies madarasah heads in performing their duties and functions is determined headmaster of self-motivation and how to manage Input Learning, Learning Process organizes, produces Output Learning. 3) Overall condition principal MI Al-Mishbah Cipadung Bandung in carrying out its duties and functions as Educator (Educators), as manjer, as Administrator, as Supervisor, as Leader (Leader), as an innovator, as a motivator is very good so headmaster could an example in carrying out their duties.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran kepemimpinan; etos kerja guru
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Social Process > Leadership
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 20 Aug 2019 08:27
Last Modified: 20 Aug 2019 08:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23002

Actions (login required)

View Item View Item