Penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing berbantuan multimedia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada sub materi perpindahan kalor

Falah, Muti'ah Nurul (2016) Penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing berbantuan multimedia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada sub materi perpindahan kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre-Solution Posing berbantuan multimedia. Penelitian ini meng¬gunakan metode quasi eksperiment, dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi yang dipakai adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Ciranjang, sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling diperoleh X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang masing-masing sebanyak 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan peserta didik setiap pertemuannya dengan rata-rata 84% untuk kelas eksperimen dan 83% untuk kelas kotrol dengan kategori baik sekali. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada sub materi perpindahan kalor sebesar 0,55 untuk kelas eksperimen dan 0,29 untuk kelas kontrol. Perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,26. Dapat disimpulkan, terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre-Solution Posing berbantuan multimedia dan model pembelajaran konvensional pada sub materi perpindahan kalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing Posing type of Pre-Solution; multimedia; creative thinking skills; heat transfer
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Heat > Heat Transfer
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:22
Last Modified: 21 Aug 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23022

Actions (login required)

View Item View Item