Penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun pada mata pelajaran bahasa Indonesia

Fauziyah, Ulfah Reza (2019) Penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB1)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan permasalahan yang terjadi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MI Miftahul Jannah, bahwa dalam pembelajaran masih terdapat berbagai kendala. Diantaranya yaitu siswa kurang dalam menyimak pembelajaran bahasa indonesia. serta suasana kelas tidak interaktif, selain itu pembelajaran lebih terpusat pada guru, sehingga masih banyak siswa yang kemampuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dibawah standar ketuntasan minimal 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis pantun siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia sebelum menggunakan metode Guided Note Taking, penerapan melalui metode Guided Note Taking, dan peningkatan keterampilan menulis pantun siswa setelah menggunakan metode Guided Note Taking di MI Miftahul Jannah Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa keterampilan menulis pantun siswa dapat meningkat diantaranya dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat. Salah satunya yaitu metode pembelajaran Guided Note Taking. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking dalam mata pelajaran bahasa Indonesia diduga dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 51 orang yang terdiri dari 26 laki-laki dan 25 perempuan di kelas IV MI Miftahul Jannah Kabupaten Bandung. Model pelaksaan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi serta refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. adapun analisis yang digunakan untuk mengolah data yaitu statistik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Guided Note Taking. Berdasarkan hasil analisis data sebelum menggunakan metode pembelajaran guided note taking memperoleh nilai rata-rata sebesar 49 dengan ketercapaian klasikal 22%. Setelah diterapkan metode pembelajaran Guided Note Taking hasil diperoleh dalam observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 86% pada siklus II adalah 96% dan pada siklus III adalah 100%. Sedangkan hasil diperoleh dalam observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 83%, pada siklus II adalah 97%, dan pada siklus III adalah 100%. Selanjutnya realitas keterampilan menulis pantun siswa setelah mengunakan metode pembelajaran guided note taking diperoleh nilai 58 pada siklus I dengan ketercapaian klasikal 45%, pada siklus II 70 dengan ketercapaian klasikal 73% dan pada siklus III 86 dengan ketercapaian klasikal 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran guided note taking dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI Miftahul Jannah Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: tanggal munaqasah
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; Guided Note Taking; Keterampilan menulis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfah Reza Fauziyah
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:41
Last Modified: 06 Sep 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23028

Actions (login required)

View Item View Item