Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan optimisme pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang mengerjakan skripsi

Rosidi, Riska Galih Utami (2017) Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan optimisme pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang mengerjakan skripsi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Skripsi merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang harus dikerjakan oleh seorang mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Untuk dapat menyelesaikan skripsi tidak mudah, banyak tantangan yang membuat mahasiswa malas, putus asa serta akhirnya menunda mengerjakan skripsi. Hal ini dapat mengakibatkan lama nya waktu mahasiswa untuk lulus dan menimbulkan kecemasan terhadap mahasiswa apalagi pada mahasiswa yang sudah lebih dari 5 tahun masa studinya. Oleh karena itu dukungan sosial yang diberikan kepada mahasiswa terutama dari orangtua memiliki peran yang besar sehingga timbul rasa optimisme pada mahasiswa untuk dapat menyelesaikan skripsi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dukungan sosial dan gambaran optimisme pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi,serta untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan optimisme pada mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala dukungan sosial dan skala optimisme. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan korelasional. Populasi yang diteliti adalah 252 orang sehingga peneliti menggunakan sampel 25% dari populasi yaitu sebanyak 60 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang berada pada kategori tinggi berjumlah 33 mahasiswa (55%) dan kategori dukungan sosial rendah berjumlah 27 mahasiswa (45%). Untuk kategori optimisme tinggi berjumlah 33 mahasiswa (55%) dan optimisme kategori rendah sebanyak 27 mahasiswa (45%). Untuk menguji hubungan antara dukungan sosial dan optimisme, uji statistik yang digunakan adalah dengan uji Rank Spearman dengan Pvalue (0,005) < α (0,05), dan besarnya r = 0,593. Dengan demikian terdapat hubungan dukungan sosial dengan optimisme pada mahasiswa UIN Bandung yang sedang mengerjakan skripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial; Optimisme; Mahasiswa;
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:11
Last Modified: 22 Aug 2019 03:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23065

Actions (login required)

View Item View Item