Optimalisasi fungsi manajemen dalam pengelolaan lembaga sosial keagamaan : Studi deskriptif di Yayasan Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Cicalengka – Bandung

Haryanti, Anita Tri (2016) Optimalisasi fungsi manajemen dalam pengelolaan lembaga sosial keagamaan : Studi deskriptif di Yayasan Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Cicalengka – Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)

Abstract

Pengelolaan lembaga sosial keagamaan saat ini didukung dengan adanya Undang-undang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial. Dengan adanya UU tersebut menjadi landasan secara hukum dalam mensejahterakan umat, yang didalamnya menjelaskan bahwa kesejahteraan sosial dibentuk dengan lembaga atau organisasi yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum. Organisasi yang berbadan hukum didukung dengan Undang-undang No. 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Dengan adanya landasan secara hukum, manajemen di lembaga sosial keagamaan mampu dioptimalkan melalui fungsi manajemen dan unsur-unsur lainnya. Optimalisasi fungsi manajemen ini dapat teramati pada Yayasan Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Cicalengka Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang dilakukan di Yayasan Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Cicalengka Bandung. Penelitian ini atas dasar pemikiran George R. Terry yang mendefinisikan manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Karena tujuan pokok penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang optimalisasi fungsi manajemen di Yayasan Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat yang aktual. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data tersebut diolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan langkah-langkah: mengumpulkan data, setelah terkumpul diklasifikasikan menurut jenis data masing-masing, kemudian diuji kebenarannya, dianalisis, dan dibuat kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengoptimalisasian fungsi manajemen Yayasan Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat memiliki fungsi manajemen yang lengkap. Mulai dari perencanaan yang menyusun program-program yang membantu terhadap kemajuan Yayasan dan meningkatnya kemampuan anggota seperti pelatihan-pelatihan. Pengorganisasian yang mengelompokkan tugas, wewenang, hak, dan peralatan secara lugas dan tegas serta pemanfaatan sumber daya manusia yang sesuai dengan bidangnya dan sumber-sumber daya lainnya. Pengarahan yang diperankan oleh seorang pemimpin yang memiliki karakter terbuka dan kharismatik menjadikan anggota patuh. Pengawasan dibentuk langsung tim pengawas oleh pembina yayasan, sebagai tim pengontrol kinerja dakwah anggota yayasan yang dilakukan melalui rapat dan laporan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Lembaga Sosial; Keagamaan;
Subjects: General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 23 Aug 2019 02:40
Last Modified: 23 Aug 2019 02:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23078

Actions (login required)

View Item View Item