Kehidupan beragama perempuan di pedesaan : Studi kasus aktivitas dakwah melalui Majelis Taklim di Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang

Karmilah, Karmilah (2019) Kehidupan beragama perempuan di pedesaan : Studi kasus aktivitas dakwah melalui Majelis Taklim di Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR IS1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: Membangun kehidupan umat beragama yang harmonis bukan merupakan agenda yang ringan. Partisipasi perempuan menyangkut peran tradisi dan transisi. Nampaknya sebagian besar masyarakat Indonesia sepakat bahwa peranan perempuan tidak bisa dipisahkan dengan peran dan kedudukan mereka dalam keluarga. Basis kemajuan sebuah negara ditentukan oleh kemajuan desa. Desa memiliki peran yang penting, Untuk mencapai keberhasilan tersebut, salah satu cara yang ditempuh di Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang yaitu dengan melalukan dakwah di majelis taklim. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan beragama perempuan di pedesaan dan secara khusus untuk menggambarkan peran majelis taklim sebagai media pembinaan keimanan kaum perempuan, untuk menggambarkan peran majelis taklim sebagai media pendidikan keluarga sakinah, dan untuk menggambarkan peran majelis taklim sebagai media pemberdayaan politik kaum perempuan di wilayah Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Dalam penelitian ini menggunakan teori fungsional struktural yang dikembangkan oleh Parson, sosiologi Durkheim menyebutkan bahwa agama terpusat pada klaimnya bahwa agama adalah ”sesuatu yang amat bersifat moral”, teori sosiologi struktural-fungsional biasa digunakan oleh Spencer dan Durkheim yang menyangkut struktur (aturan pola sosial) dan fungsinya dalam masyarakat, Teori nature dan nurture dari David Knox. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus merupakan suatu cara penelitian terhadap masalah empiris dengan mengikuti rangkaian prosedur yang telah dispesifikasikan sebelumnya dan merupakan suatu prosedur penelitian yang menggali dan memperoleh data dari obyek penelitian itu sendiri. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif Naturalistik. Hasil penelitian dan kesimpulan yaitu: 1). Peran majelis taklim akan dapat membantu masyarakat dalam melepaskan hal-hal yang tidak menunjukkan keimanan. Pertumbuhan majelis taklim ini akan beriringan dengan semakin fahamnya jamaah akan pentingnya menuntut ilmu terutama ilmu akidah. 2).Peran dan keterkaitan antara majelis taklim dengan pembinaan keluarga sakinah dalam meningkatkan kualitas spiritual bagi seluruh anggota keluarga (mawaddah wa rahmah), dan materialpun sangat mempengaruhi tercapainya keluarga sakinah .Bila kedua aspek spiritual dan material telah cukup terpenuhi, maka selanjutnya upaya mewujudkan keluarga sakinah (mawaddah wa rahmah) dapat segera terealisasi.3).Peran politik majelis taklim ini besar pengaruhnya dalam proses memberikan kesadaran, pengetahuan, dan wawasan politik, khususnya kepada jamaah dan umumnya kepada kaum perempuan di Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Majelis taklim merupakan lembaga pendidikan nonformal yang mempunyai andil dalam pendidikan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kehidupan beragama; perempuan; majlis taklim
Subjects: Science and Religion
Islam > Da'wah
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: karmilah karmilah
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:12
Last Modified: 26 Aug 2019 03:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item View Item