Pengaruh jumlah kas dan persediaan-neto terhadap total aset lancar pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2003-2017

Melati, Perina (2019) Pengaruh jumlah kas dan persediaan-neto terhadap total aset lancar pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2003-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan yang sehat merupakan perusahaan yang tingkat likuiditasnya tinggi. Tingkat likuiditas suatu perusahaan diukur dengan aktiva lancar. Jumlah kas dan persediaan-neto merupakan aset paling lancar yang tentunya sangat berpengaruh terhadap besarnya nilai total aset lancar pada perusahaan. Besarnya nilai total aset lancar menunjukan besarnya nilai aktiva lancar pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial jumlah kas dan persediaan-neto terhadap total aset lancar dan pengaruh simultan antara jumlah kas dan persediaan-neto terhadap total aset lancar yang dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) studi di PT Indofood Sukses Makmur Tbk, periode tahun 2003-2017 secara tahunan. Penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa apabila jumlah kas dan persediaan-neto mengalami kenaikan maka total aset lancar akan mengalami kenaikan pula. Adanya kenaikan dari jumlah kas dan persediaan-neto mengakibatkan bertambahnya total aset lancar pada perusahaan sehingga tingkat likuiditas dalam perusahaan semakin besar. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh dari website resmi PT Indofood Sukses Makmur Tbk pada www.indofood.com, dengan menggunakan teknik penelitian analisis uji asumsi klasik, analisis uji deskriptif, analisis uji regresi linier sederhana, analisis uji linier regresi berganda, analisis uji korelasi determinasi dan analisis hipotesis uji t dan uji F. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, uji t menunjukan bahwa jumlah kas terhadap total aset lancar memperoleh thitung lebih besar dari nilai ttabel, hal ini membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya jumlah kas berpengaruh positif signifikan terhadap total aset lancar. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi terdapat hubungan antara jumlah kas terhadap total aset lancar. Penelitian uji t pada persediaan-neto terhadap total aset lancar diperoleh thitung lebih besar dari nilai ttabel, hal ini memenuhi syarat thitung ˃ ttabel maka penelitian ini membuktikan bahwa Ha dterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi terdapat hubungan antara persediaan-neto terhadap total aset lancar. Berdasarkan uji F menunjukan bahwa jumlah kas dan persediaan-neto terhadap total aset lancar memperoleh Fhitung > Ftabel, sehingga dapat dirumuskan bahwa penelitian ini membuktikan bahwa Ha diterima H0 ditolak, artinya jumlah kas dan persediaan-neto berpengaruh positif signifikan terhadap total aset lancar Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi terdapat hubungan antara jumlah kas dan persediaan-neto terhadap total aset lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Kas; Persediaan-neto; Total Aset Lancar.
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Perina Melati
Date Deposited: 26 Aug 2019 01:48
Last Modified: 26 Aug 2019 01:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item