Konsep manusia dalam pandangan masyarakat adat Kampung Naga : Studi kasus pada masyarakat adat Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya

Firmansyah, Irfan (2019) Konsep manusia dalam pandangan masyarakat adat Kampung Naga : Studi kasus pada masyarakat adat Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Manusia merupakan salah satu jenis makhluk diantara sekian banyak jenis makhluk yang lainnya, yang terbangun atas substansi yang komplit yang terdiri dari badan dan jiwa. Umat manusia dengan seluruh aspek kehidupan yang dijalani bersamaan dengan berkembangnya zaman masih perlu banyak dikaji salah satunya konsep manusia. Masyarakat adat Kampung Naga merupakan masyarakat budaya yang memegang erat dan teguh warisan leluhur. Dengan demikian dalam tindak-tanduk perjalanan kehidupannya dari dulu sampai sekarang tidak mengalami sebuah perubahan signifikan baik dalam menjalin interaksi dengan lingkungan dikarenakan adanya nilai-nilai yang secara turun temurun diwariskan. Hal tersebut yang menjadi fokus perhatian peneliti terhadap manusia masyarakat Kampung Naga yang mampu mempertahankan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana konsep manusia pada masyarakat adat Kampung Naga. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan subjek penelitian yaitu Kuncen dan Punduh Adat. Sumber data dihasilkan berdasarkan pada hasil pengembangan dari teori Van Verseun tentang Strategi Budaya, secara signifikan dibahas; 1). Dualisme, 2). Relasi. Teori yang lainnya adalah pemikiran Mircea Eliade tentang; 1). Sakral dan profane, 2). Homoreligius, 3). Axis mundi 4). Ritual dan mitos. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa masyarakat adat Kampung Naga hidup dengan memegang erat budaya warisan leluhur mereka. Adanya mitos terhadap leluhur merangsang munculnya ritual yang dibaluti oleh ajaran yang dianutnya, tergambarkan dalam bentuk upacara-upacara. Pada masyarakat Kampung Naga mitos dan agama menjadi peranan penting dalam kehidupan, baik terhadap individu, lingkungan alam, ataupun lingkungan sosial. Selain itu adanya masyarakat Kampung Naga sampai sekarang tidak terlepas dari beberapa hal isi warisan dari leluhurnya yakni wasiat, amanat, akibat dan larangan (tabu).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manusia;Masyarakat Kampung Naga;
Subjects: Customs of People
Customs of Life Cycle and Domestic Life
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Irfan Firmansyah
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:17
Last Modified: 28 Aug 2019 06:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23111

Actions (login required)

View Item View Item