Implementasi peraturan daerah Kota Bandung nomor 2 tahun 2009 tentang penataan pasar tradisional pusat perbelanjaan dan toko modern : Studi dalam penataan pasar tradisional di Gedebage Kota Bandung

Annur, Farashaty (2019) Implementasi peraturan daerah Kota Bandung nomor 2 tahun 2009 tentang penataan pasar tradisional pusat perbelanjaan dan toko modern : Studi dalam penataan pasar tradisional di Gedebage Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan pasar tradisional sebagai salah satu wujud kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang potensial dalam menggerakan aktifitas perekonomian diantaranya: pasar sebagai indikator nyata stabilitas ekonomi, tempat perputaran uang bagi struktur ekonomi mikro. Pasar tradisional juga hadir dalam menciptakan lapangan kerja guna menuntaskan pengangguran dalam masalah sosial dan ekonomi di Indonesia. Bandung sebagai kota dengan peningkatan jumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah terbesar di Indonesia dengan kurang lebihnya 40 unit pasar tradisional di dalamnya maka pemerintah berupaya dengan dikeluarkannya PERDA Kota Bandung Nomor 2 Tahun 2009 tentang penataan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern, satu diantara pasar tradisionl adalah pasar Gedebage sebagai pasar sentral di perbatasan Kota Bandung maka mengingat peran penting Pasar Gedebage dalam keberlangsungan kegiatan ekonomi dan sosial di Kota Bandung yang pada kenyataannya tidak bisa didapatkan rasa nyaman di Pasar Gedebage akan mejadi penghambat untuk meningkatkannya jumlah kunjungan konsumen pada pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan PERDA Kota Bandung Nomor 2 Tahun 2009 tentang penataan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern dalam penataan pasar di Gedebage. Selain itu juga untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan penataan Pasar Gedebage. Penulis menggunakan Teori Van Meter dan Van Horn dalam implementasi kebijakan yang disandingkan dengan PERDA Kota Bandung Nomor 2 Tahun 2009 tentang penataan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern. Penilaian suatu implementasi kebijakan bisa dikaji dari enam dimensi yang ditawarkan Van Meter dan Van Horn yaitu: standar dan sasaran kebijakan, sumberdaya, karakteristik badan pelaksana, komunikasi antara badan pelaksana, disposisi dan lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Dilakukan dalam rangka pengumpulan data primer dengan cara observasi lingkungan pasar, dan wawancara dengan pengelola PD Pasar Gedebage, pedagang, dan konsumen Pasar Gedebage. Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara garis besar PERDA Kota Bandung Nomor 2 Tahun 2009 tentang penataan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern pada penataan Pasar Gedebage adalah belum optimalnya pemerintah daerah dalam implementasi penataan Pasar Gedebage, hal ini di tandai dengan; belum tertata dengan baik limbah pasar, belum memadainya fasilitas pasar, dan masih rentannya pasar Gedebage untuk terkena banjir. Menyebabkan terhambatnya pengimplementasia dari PERDA Kota Bandung Nomor 2 Tahun 2009.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penataan;pasar
Subjects: Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
Administration of Economy > Administration of Industries
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Farashaty Annur
Date Deposited: 02 Sep 2019 01:22
Last Modified: 02 Sep 2019 01:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23115

Actions (login required)

View Item View Item