Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Take And Give untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS : penelitian tindakan kelas materi peranan Sumpah Pemuda terhadap Kelas V-C MI Miftahul Huda Kota Bandung)

Kholidiziah, Sakinah Robi'aj (2017) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Take And Give untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS : penelitian tindakan kelas materi peranan Sumpah Pemuda terhadap Kelas V-C MI Miftahul Huda Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah dari hasil studi pendahuluan. Sesuai fakta dilapangan, model pembelajaran IPS terhadap kelas V-C MI Miftahul Huda Kota Bandung masih menggunakan model dan media belajar yang kurang tepat, seperti papan tulis, dan buku paket IPS. Masalah yang ditemukan dalam pembelajaran, peserta didik hanya mencatat, mengobrol, mengantuk, bahkan tidak memperhatikan pendidik ketika pendidik menyampaikan materi. Sehingga aktivitas oral, visual, listening, motorik, mental dan emotional-nya kurang efektif, dan mengakibatkan pasifnya aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan model Cooperative Learning tipe Take and Give dan mendeskripsikan penerapan Cooperative Learning tipe Take and Give setelah tersebut dalam mata pelajaran IPS materi peranan sumpah pemuda terhadap kelas V-C MI Miftahul Huda Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan dalam kajian teoritis yang menyatakan bahwa model Cooperative Learning tipe Take and Give dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Pada kegiatan inti, pendidik membagikan kartu yang berisi sub materi untuk dipelajari/dihafal, setelah itu peserta didik diperintahkan untuk berdiri dan mencari pasangan diskusi untuk saling bertukar informasi dengan kartu yang diterimanya dan setiap peserta didik mencatat nama pasangannya di kartu yang dipegangnya, kemudian pendidik melakukan evaluasi dengan memberi pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartu yang dimilikinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari empat tahap secara berulang, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni observasi dan dokumentasi melalui instrumen lembar observasi aktivitas. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas V-C MI Miftahul Huda Kota Bandung dengan jumlah peserta didik 25 orang, terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik sebelum penerapan model Cooperative Learning tipe Take and Give mencapai 37.08% dengan kategori kurang aktif. Proses pembelajaran setelah penerapan model Cooperative Learning tipe Take and Give aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas pendidik mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Rata-rata persentase aktivitas peserta didik dalam siklus I mencapai 67.2% dengan kategori aktif. Siklus II rata-rata persentase aktivitas peserta didik mencapai 90.18%. Rata-rata persentase aktivitas pendidik siklus I mencapai 90% dengan kategori sangat aktif. Siklus II rata-rata persentase aktivitas pendidik mencapai 100% dengan kategori sangat aktif. Dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Take and Give dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS materi Peranan Sumpah Pemuda terhadap kelas V-C MI Miftahul Huda Kota Bandung

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: IPS; Coo[erative learning; give and take
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 26 Aug 2019 01:17
Last Modified: 26 Aug 2019 01:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23116

Actions (login required)

View Item View Item