Implementasi kode etik jurnalistik stasiun televisi lokal : Analisis deskriptif wartawan Bandung TV program seputar Bandung Raya

Novita, Lisna (2016) Implementasi kode etik jurnalistik stasiun televisi lokal : Analisis deskriptif wartawan Bandung TV program seputar Bandung Raya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Persaingan dunia globalisasi dan perkembangan kompetisi media yang begitu pesat saat ini menyebabkan implementasi kode etik jurnalistik memiliki tantangan yang besar. Era komunikasi yang tanpa batas dimungkinkan terjadinya pelanggaran kode etik jurnalistik dari wartawan dan media massa dalam melakukan aktivitas jurnalistik. Praktik jurnalistik yang melanggar kode etik pada akhirnya akan mendorong terjadinya perubahan nilai dan norma sosial. Pengetahuan, pemahaman, dan pemaknaan akan pentingnya kode etik adalah hal penting perilaku jurnalistik yang objektif dan profesional. Wartawan dan media massa sebagai pelaku industri jurnalistik saat ini memiliki peranan besar dalam menentukan penerapan kode etik jurnalistik secara konsisten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; pertama, pemahaman wartawan mengenai kode etik jurnalistik, kedua, implementasi kode etik jurnalistik di media Bandung TV, ketiga, pengawasan KPID Jabar mengenai implementasi kode etik jurnalistik di Bandung TV. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Atas Reaslitas Sosial dari Berger dan Luckmann dengan konsep tiga tahapan objektif, simbolik, dan subjektif untuk mengungkap bagaimana wartawan mendapatkan pemahamannya sesuai dengan sudut pandang dari masing-masing objek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik dimana fakta diungkap melalui pengalaman langsung para informan. Menilai dari realita lapangan dan objek penelitian mengenai, pemahaman, pengalaman, dan pemaknaan akan landasan profesinya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa; pertama, wartawan Bandung TV dikategorikan mengetahui, dan sudah menerapkan kode etik jurnalistik namun tidak memahami secara mendalam akan arti penting kode etik jurnalistik bagi profesinya. Mereka mampu menerapkan etika dengan seiring berjalannya pengalaman. Kesadaran dan pemahaman tentang arti penting kode etik jurnalistik harus bertumpu pada wartawan sebagai subjek pelaku, sekalipun etika jurnalistik dibuat oleh kalangan insan pers sendiri, namun komitmen yang baik harus dikedepankan dalam melakukan implementasi di lapangan, kedua, implementasi kode etik jurnalistik tidak hanya dilakukan oleh wartawan Bandung TV saja, pengelola media Bandung TV sudah menerapkan kode etik jurnalistik, karena pengelola media massa memiliki peranan penting dalam menentukan penerapan kode etik jurnalistik secara konsisten, ketiga, KPID Jabar sebagai lembaga pengawas isi siaran menilai Bandung TV dikategorikan sebagai lembaga penyiaran yang cukup baik dalam mengimplementasikan kode etik jurnalistik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik; Jurnalistik; Wartawan; Bandung TV;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 28 Aug 2019 08:04
Last Modified: 28 Aug 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23158

Actions (login required)

View Item View Item