Tinjauan terhadap Klausula baku perjanjian jasa laundry di laundria laundry Cibeunying kolot dikaitkan dengan pasal 18 Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

Yuditira, Muhamad Rio Mahda (2016) Tinjauan terhadap Klausula baku perjanjian jasa laundry di laundria laundry Cibeunying kolot dikaitkan dengan pasal 18 Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA RIO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Judul penelitian ini permasalahannya adalah menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pasal 18 mengatur mengenai larangan mencantumkan klausula baku yang menyatakan adanya pengalihan tanggung jawab pelaku usaha, namun dalam kenyataannya masih terdapat larangan pencantuman klausula baku yang dibuat oleh pelaku usaha jasa laundry yang bertentangan dengan UUPK Pasal 18. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana akibat hukum isi klausula baku perjanjian jasa laundry di Laundria Cibeunying Kolot kota Bandung bila dihubungkan dengan Pasal 18 UUPK 2) Bagaimana upaya penyelesaian sengketa hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen atas pencantuman klausula baku pada perjanjian jasa laundry di Laundria Cibeunying Kolot kota Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa peranan pelaku usaha dalam mencantumkan klausula baku dalam pelaksanaan usaha jasa laundry tidak sesuai dengan yang diamanatkan Pasal 18 Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keadlian menurut Aristoteles. Penelitian ini dilakukan dengan metode spesifikasi penelitian deskriptif analisis dan metode pendekatan yurudis normatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Selanjutnya dianalisis secara normatif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Laundria Laundry Cibeunying Kolot kota Bandung. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa 1) Akibat hukum isi klausula baku yang ada pada perjanjian jasa laundry di Laundria Cibeunying Kolot kota Bandung antara pihak pelaku usaha jasa laundry dengan Konsumen pengguna jasa laundry adalah batal demi hukum. Hal ini dikarenakan klausula baku yang dibuat oleh pihak pelaku usaha jasa laundry di Laundria Cibeunying Kolot kota Bandung pada poin nomor 3 (tiga), 4 (empat), 5 (lima), 6 (enam) ada ketidaksesuaian dengan syarat sah perjanjian terhadap causa yang halal dan ketidaksesuaian dengan peraturan pencantuman klausula baku sebagaimana diatur dalam Pasal 18 UUPK. 2) Upaya penyelesaian sengketa hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen atas pencantuman klausula baku oleh pihak pelaku usaha jasa laundry di Laundria Cibeunying Kolot kota Bandung adalah melalui 2 cara yaitu litigasi (Pengadilan Negeri) dan non litigasi (Konsultasi, Negosiasi, Mediasi, Konsiliasi, Penilaian Ahli dan Arbitrase). Adapun setiap pengaduan yang diajukan konsumen kepada pihak pelaku usaha jasa laundry di Laundria Cibeunying Kolot kota Bandung terkait klausula baku dapat diselesaikan di internal Laundria Cibeunying Kolot kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Klausula Baku; Perjanjian; Perlindungan Konsumen;
Subjects: Law > General Publications of Law
General Management > Sales Management
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:29
Last Modified: 03 Sep 2019 01:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23220

Actions (login required)

View Item View Item