Pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar pada materi sistem Ekskresi : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Guna Darma Bandung

Qodariah, Ulfah Siti (2016) Pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar pada materi sistem Ekskresi : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Guna Darma Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER VIXX.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (909kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)

Abstract

Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya bergantung pada kemampuan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran, serta inovasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi sistem ekskresi, keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Reciprocal Teaching pada materi sistem ekskresi. Seiring dengan tujuan dari penelitian tersebut maka digunakanlah Model pembelajaran Reciprocal Teaching ini merupakan model pembelajaran dengan pendekatan kontruktivis yang berdasar pada prinsip-prinsip pembuatan atau pengajuan pertanyaan, dimana keterampilan-keterampilan metakognitif diajarkan melalui pengajaran langsung dan pemodelan oleh guru untuk memperbaiki kinerja membaca siswa yang membaca pemahamannya rendah. Metode penelitiannya adalah pre Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas IX SMP Guna Darma Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, keterlaksanaan proses dan respon siswa. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas dan uji hipotesis. Analisis keterlaksanaan proses menggunakan lembar observasi dan respon siswa menggunakan angket. Hasil analisis lembar observasi pada pertemuan pertemuan ke-3 didapatkan 100% berkategori baik. Hasil penelitian yaitu kelas pembelajaran Reciprocal Teaching dengan nilai rata-rata tes akhir yakni 73,3 berkategori baik, dan N-gain 0,59 berkategori tinggi. Hasil belajar siswa pada kelas pembelajaran Konvensional dengan nilai rata-rata 52,1 berkategori Cukup dan N-gain 0,20 berkategori rendah. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t didapatkan thitung12,83> ttabel 1,699 pada taraf signifikan 5% dan uji t pada tes akhir didapatkan thitung 6,64<ttabel1,699, dan dari respon siswa dengan model pembelajaran Reciprocal teaching didapat rat-rata 4,01dengan kategori tinggi. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal teaching; Sistem Ekstresi; Manusia;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Sep 2019 07:43
Last Modified: 02 Sep 2019 07:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23248

Actions (login required)

View Item View Item