Penerapan model pembelajaran giving question and getting answer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian quasi eksperimen terhadap Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota Bandung Materi Perkembangan Kebudayaan Islam Dinasti Bani Umayyah

Rohayati, Elih (2017) Penerapan model pembelajaran giving question and getting answer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI: Penelitian quasi eksperimen terhadap Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota Bandung Materi Perkembangan Kebudayaan Islam Dinasti Bani Umayyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MTsN 2 Kota Bandung diketahui bahwa kegiatan pembelajaran SKI masih menggunakan model pembelajaran biasa yang berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan siswa tidak dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya, sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran giving question and getting answer, yang menuntut siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. Persoalannya adalah: apakah pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau tidak. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) penerapan model pembelajaran giving question and getting answer pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTsN 2 Kota Bandung, (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran giving question and getting answer, dan (3) perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTsN 2 Kota Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih model pembelajaran. Oleh karena itu model pembelajaran giving question and getting answer merupakan alternatif model yang dapat diterapkan pada pelajaran SKI. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk mengemukakan pikirannya, merangsang siswa agar terlibat aktif dalam pembelajaran, serta memotivasi siswa untuk berinteraksi dengan baik, sehingga pembelajaran dapat berpusat pada siswa. Dengan demikian siswa akan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa, dan siswa VII E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 siswa. Hipotesis yang diajukan adalah “Model pembelajaran giving question and getting answer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) penerapan model pembelajaran giving question and getting answer terlaksana dengan baik berdasarkan hasil observasi 89,77%, (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran giving question and getting answer, tergolong kategori baik berdasarkan perolehan nilai 75,57, dan (3) Hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan, berdasarkan hasil rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 42,74 termasuk dalam kategori sedang, dan gain untuk kelas kontrol sebesar 20,43 termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; giving question and getting answer; belajar siswa
Subjects: Islam > Historical, Geographic of Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:43
Last Modified: 02 Sep 2019 03:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23250

Actions (login required)

View Item View Item