Pelayanan bimbingan karir untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri di Pondok Pesantren At-Tafsir Hj. Soewartinah Batu Jajar Kabupaten Bandung.

Ruslan, Ibnu (2017) Pelayanan bimbingan karir untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri di Pondok Pesantren At-Tafsir Hj. Soewartinah Batu Jajar Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Persaingan dalam dunia kerja semakin meningkat. Ditambah lagi dengan adanya era globalisasi yang menimbulkan dampak negatif serta dampak positif. Dampak positifnya ialah memberikan kesempatan kerja yang seluas-luasnya antar negara, namun disisi lain juga menimbulkan persaingan yang sangat ketat dalam dunia pekerjaan dan ekonomi. Maka dengan adanya fenomena tersebut, dilakukanlah sebuah penelitian di Pondok Pesantren At-Tafsir Hj. Soewartinah Batu jajar Kabupaten Bandung sebagai pranata Islam tradisional. Adapun tujuan dari penelitiannya sebagai berikut: Bagaimana aspek-aspek pelayanan bimbingan karir terhadap santri dalam menumbuhkan jiwa enterpreneurship di Pondok Pesantren At-Tafsir Hj. Soewartinah Batu Jajar Kabupaten Bandung. Bagaimana strategi bimbingan karir untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurship di Pondok Pesantren At-Tafsir Hj. Soewartinah Batu Jajar Kabupaten Bandung. Bagaimana hasil dari proses kegiatan bimbingan karir dalam menumbuhkan jiwa enterpreneurship santri di Pondok Pesantren At-Tafsir Hj. Soewartinah Batu Jajar Kabupaten Bandung. Penelitian ini juga tidak serta merta dilaksanakan begitu saja, namun penelitian ini disertai pula dengan teori-teori dan konseptual yang mendukung untuk di adakannya kegiatan penenlitian yang dilakukan oleh peneliti di pondok pesantren At-Tafsir. Teori-teori tersebut yaitu yang berhubungan dengan apa itu Bimbingan kari, tujuan dari bimbingan karir, fungsi, aspek-aspek, dan juga bagaimana proses pelaksanaan dari bimbingan karir itu sendiri. Selain itu juga disertakan tentang teori-teori dari entrepreneurship itu sendiri menurut para ahli. Metode penelitan ini termasuk dalam penelitian kualitatif, subyek penelitian adalah para pelaksana dalam kegiatan Bimbingan Karir dan pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan karir yang dapat meningkatkan kewirausahaan yaitu peran dari Kiai, pengajar, pengurus pondok dan santri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan metode analisis data kualitatif yaitu analisis dari data yang diperoleh dari tempat penelitan. Hasil penelitian ini menunjukan : Secara tidak langsung Pondok Pesantren At-Tafsir telah mempraktikkan kegiatan bimbingan karir kepada para santri yang tinggal di pesantren Pondok Pesantren At-Tafsir. Bentuk pelaksanaan kegiatan entrepreneurship santri berupa kegiatan ekstrakurikuler, yaitu: Bidang pertanian, bidang potong rambut, dan juga bidang toko jam. Strategi bimbingan karir yang dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship santri dengan adanya pendekatan individu dan pendekatan kelompok oleh pembimbing pesantren At-Tafsir. Sedangkan faktor yang dapat meningkatkan jwa entrepreneurship santri adalah adanya kegiatan kunjungan kerja, pelatihan baik di dalam maupun di luar pesantren, dan penyaluran menjadi guru dari santri yang baru masuk dari santri yang sudah lama

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan karir; entrepreneurship; konseling
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:17
Last Modified: 02 Sep 2019 04:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23253

Actions (login required)

View Item View Item