Partisipasi politik Masyarakat desa purwasari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi dalam pemilihan kepala Daerah tahun 2010 persfektif siyasah Dusturiyah

Arimas, Irdha (2013) Partisipasi politik Masyarakat desa purwasari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi dalam pemilihan kepala Daerah tahun 2010 persfektif siyasah Dusturiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrac.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2010 dilaksanakan pemilihan Kepala Daerah Sukabumi Periode 2010-2015. Mayarakat Desa Purwasari mayoritas beragama Islam, pada pemilihan Kepala Daerah tahun 2010 partisipasi masyarakat desa Purwasari yang turut dalam pemilihan tersebut yang terdaftar dalam Daftar pemilih Tetap (DPT) adalah sebanyak 6600 orang, namun masyarakat yang berpartisipasi dalam pemilihan sebanyak 4360 sedang masyarakat yang tidak ikut berpartisipasi dalam pemilihan sebanyak 2240. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakta dalam pemilihan Kepala Daerah tahun 2010 serta mengetahui faktor apa saja yang mendukung partisipasi masyarakat. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aturan normative dalam Islam Mengenai partisipasi politik (berdasarkan tinjauan siyasah durturiyah). Penelitian ini bertolak dari kerangka berpikir bahwa setiap partisipasi individu selalu memiliki faktor dan motif yang mendorongnya. Dengan memusatkan perhatian pada kenyataan bahwa keberadaan penduduk yang beragam ditambah dengan lingkungan sosial masyarakat yang beragam pula, terdapat perbedaan atntara bentuk dan motif partisiapsi masyarakat Desa Purwasari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, pengumpulan datanya dilakukan dengan tektik observasi, dengan penyebaran angkat kepada 100 responden, pengolahan data menggunakan analisis statistik dengan cara perhitungan prosesntase untuk data kuantitatif dan analisis logika untuk data kualitatif. Data yang ditemukan menunjukan bahwa dari data statistik sekitar 74% yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan dengan faktor dan motif yang berbeda beda dan sekitar 84% masyarakat sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Dari 84% masyarakat yang sadar akan kewajibannya memilih pemimpin tidak semua ikut memilih seorang pemimpin, dengan alasan kesibukan masyarakat yang mayoritas seorang pedagang. Dengan demikian alasan masyarakat dalam memilih seorang pemimpin adalah kesadaran masyarakat mengenai kewajiban mereka mengikuti apaun kegiatan yang bersangkutan dengan pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: partisipasi; Politik;
Subjects: Political Process
Political Process > Election System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: irdha arimas
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:36
Last Modified: 12 Feb 2020 03:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23274

Actions (login required)

View Item View Item