Hasil belajar aqidah akhlak materi husnudzan hubungannya terhadap akhlak siswa kepada sesama siswa kelas XI MA Ar-Rosyidiyah Bandung

Zein, Usi Nur Abadiyah (2016) Hasil belajar aqidah akhlak materi husnudzan hubungannya terhadap akhlak siswa kepada sesama siswa kelas XI MA Ar-Rosyidiyah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Mata pelajaran Akidah Akhlak yang diberikan di sekolah sama halnya dengan pelajaran lainnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Aqidah Akhlak bahwa nilai KKM Aqidah Akhlak di MA Ar-Rosyidiyah yaitu sebesar 75 dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik di kelas XI pada materi husnudzan sebagian besar sudah memenuhi nilai KKM. Namun dalam perilaku di sekolah masih terdengar siswa yang berprilaku kurang baik contohnya masih ada siswa yang dalam obrolannya membicarakan temannya dan juga membicarakan kejelekan guru, membeda-bedakan dalam berteman, membalas dendam pada teman yang berbuat kurang baik juga menuduh teman yang ada disekitar jika kehilangan sesuatu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar aqidah akhlak materi husnudzan, akhlak siswa terhadap sesama dan hubungan hasil belajar aqidah akhlak materi husnudzan dengan akhlak siswa terhadap sesama. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajaranya. Hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku walaupun tidak semua perubahan tingkah laku merupakan hasil belajar. Beradasarkan pengertian tersebut kemudian diajukan hipotesis sebagai berikut, “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar aqidah akhlak materi husnudzan dengan akhlak siswa terhadap sesama”. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau kejadian yang terjadi pada saat ini. Subjeknya adalah siswa kelas XI MA-Ar-Rosyidiyah sebanyak 70 orang.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode test, angket dan wawancara. Sedangkan untuk analisis data di uji dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu anaslis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Realitas hasil belajar aqidah akhlak materi husnudzan di kelas XI MA Ar-Rosyidiyah diperoleh rata-rata parsial 85,92. Nilai tersebut berada pada skala 80-100 yang dapat ditafsirkan kepada kategori baik sekali, (2) Realitas akhlak siswa terhadap sesama diperoleh rata-rata parsial 3,79. Nilai tersebut berada pada skala 3,5 – 4,5 yang dapat ditafsirkan kepada kategori tinggi, (3) Hubungan hasil belajar aqidah akhlak materi husnudzan terhadap akhlak siswa kepada sesama di MA Ar-Rosyidiyah berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai: R_xy=0,21. Nilai tersebut berada pada skala 0,20 - 0,39 yang ditafsirkan kepada kategori korelasi rendah. Artinya variabel hasil belajar aqidah akhlak materi husnudzan berkorelasi (berhubungan) rendah terhadap variabel akhlak siswa terhadap sesama di MA Ar-Rosyidiyah. Berdasarkan perhitungan diketahui derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 5%, itu berarti 95% akhlak siswa terhadap sesama dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aqidah; Akhlak; Husnudzan;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Sep 2019 01:43
Last Modified: 05 Sep 2019 01:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23280

Actions (login required)

View Item View Item