Pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal: Studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017

Puspitasati, Talita Ayu (2019) Pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal: Studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat persaingan yang semakin kompetitif mengharuskan perusahaan melakukan strategi dalam menjalankan usahanya. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengambilan keputusan mengenai pemenuhan kebutuhan dan pemenuhan sumber dana yang akan digunakan untuk penentuan perimbangan pembelanjaan yang baik guna mencapai struktur modal yang optimal. Sehingga dengan mengetahui struktur modal, investor dapat mengetahui keseimbangan antara resiko dan tingkat pengembalian investasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 (satu) tahun, yaitu tahun 2017. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Miller dan Modigliani (M&M) Propositions, Pecking Order Hypothesis, Signaling Theory, Trade off Theory, Agency Theory dan Asymetric Information Theory. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif yang dilakukan dengan cara meneliti suatu populasi atau sampel tertentu. Data yang digunakan adalah data sekunder. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sebelum melakukan teknik analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik, secara parsial melakukan uji t, secara simultan melakukan uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel Struktur Aktiva berpengaruh positif terhadap Struktur Modal dengan nilai koefisien 0,581 dan signifikansi sebesar 0,042. Sedangkan Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap Struktur Modal dengan nilai koefisien -0,299 dan signifikansi sebesar 0,450. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa Struktur Aktiva dan Pofitabilitas berpengaruh terhadap Struktur Modal Perusahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 3,533 dan nilai signifikansi 0,049.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur Aktiva;Profitabilitas;Struktur Modal
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Talita Ayu Puspitasari
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:58
Last Modified: 06 Sep 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23312

Actions (login required)

View Item View Item