Persepsi siswa teradap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah : penelitian pada kelas viii di SMP Bakti Nusantara 666

Falah, Miftahul (2015) Persepsi siswa teradap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah : penelitian pada kelas viii di SMP Bakti Nusantara 666. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi bahwa persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dapat menjadi stimulus timbulnya akhlak siswa di sekolah. Fenomena yang terjadi menunjukan adanya kesenjangan antara persepsi siswa teradap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dengan akhlak siswa disekolah, disatu sisi guru sudah maksimal memberikan bimbingan kepada peserta didik baik melalui bimbingan yang bersifat individual maupun bimbingan yang bersifat kelompok, disisi lain masih banyak peserta didik yang belum sepenuhnya mampu menyerap dan menerima segala hal yang berhubugan dengan bimbingan akhlak. Dari fenomena tersebut muncul permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana hubungan persepsi siswa teradap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dengan akhlak siswa disekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak hubungannya dengan akhlak siswa disekolah, mengetahui realitas akhlak siswa di sekolah, dan mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dengan akhlak siswa di sekolah Kerangka pemikiran penelitian ini adalah bahwa untuk membentuk akhlak siswa disekolah lebih dahulu harus mengetahui sejauh mana persepsi siswa terhadap peran guru PAI itu sendiri, sebab antara persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak dengan akhlak siswa diduga terdapat hubungan yang signifikan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampelnya sebanyak 40 orang siswa SMP Bakti Nusantara 666. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan logis dan statistik. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh data persepsi siswa SMP Bakti Nusantara 666 terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak adalah sangat tinggi (nilai rata-rata 4,68). Sedangkan akhlak siswa disekolah adalah sangat tinggi (nilai rata-rata 4,47). Dan pengaruh persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak terhadap akhlak siswa disekolah sebesar 16%, berarti ada faktor lain sebesar 84% yang turut mempengaruhi akhlak siswa disekolah. Dengan demikian persepsi siswa terhadap peran guru PAI sebagai pembimbing akhlak mempunyai hubungan yang signifikan dengan akhlak siswa disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama islam; akhlak; bimbingan
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Sep 2019 01:39
Last Modified: 04 Sep 2019 01:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23320

Actions (login required)

View Item View Item