Pengaruh konseling rasional Emotif terhadap peningkatan rasa percaya diri alumni: Penelitian pada alumni SMK Bina Taruna Jalancagak Subang lulusan 2015

Fahruroji, Ady (2019) Pengaruh konseling rasional Emotif terhadap peningkatan rasa percaya diri alumni: Penelitian pada alumni SMK Bina Taruna Jalancagak Subang lulusan 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Rasa percaya diri merupakan gambaran dari emosional consequence yang dipengaruhi oleh pengalaman dan mindset seseorang ketika menghadapi suatu permasalahan. Rasa percaya diri menjadi faktor penting yang harus dimiliki seseorang. Seseorang yang tidak percaya diri akan mengalami kesulitan untuk menggapai cita dan tujuan yang di inginkan, khususnya tujuan dan cita-cita yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Oleh sebab itu, konseling rasional emotif dipilih sebagai strategi untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang dalam menggapai suatu tujuan yang di inginkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari konseling rasional emotif terhadap peningkatan rasa percaya diri dan mengetahui presentase peningkatan rasa percaya diri setelah dilakukan proses konseling rasional emotif. Teori yang digunakan yakni teori rasional emotif dengan formula ABC (Antecedent event, Belief, dan Emotional Consequence). Asumsi dasar dari konseling rasional emotif yakni menghilangkan gangguan emosional yang disebabkan oleh pola pikir yang dapat merusak diri seperti; benci, takut, rasa bersalah, cemas, was-was, dll. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pengambilan data primer melalui wawancara dan lembar kuesioner. Metode yang digunakan adalah metode Pre-Experimental Designs. Populasi yang digunakan adalah alumni SMK Bina Taruna yang tergabung pada komunitas/group Kurhid of Slow (KOS). Metode sampling yang digunakan yakni Nonprobability dengan teknik sampling purposive yang ditentukan berdasarkan beberapa kriteria penelitian. Hasil Penelitian ditentukan berdasarkan hasil pretest dan postest yang diberikan kepada konseli ketika sebelum dan sesudah melaksanakan proses konseling. Hasil tersebut kemudian dianalisis secara statistik menggunakan software SPSS dengan melakukan uji normalitas yang mengacupada rumus shapiro-wilk, kemudian uji paired sampel t test dengan uji hipotesis jika nilai Signifikansi (Sig.) lebih kecil dari nilai alpha (α 0,05) maka dinyatakan konseling rasional emotif berpengaruh terhadap peningkatan rasa percaya diri Alumni, setelah itu menggunakan rumus matematika dasar untuk menguji nilai presentasi peningkatan rasa percaya diri. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa konseling rasional emotif berpengaruh terhadap peningkatan rasa percaya diri alumni dengan nilai persentase peningkatan rasa percaya dirinya sebersar 6,4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasa percaya diri; Konseling; Rasional emotif.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ady Fahruroji
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:19
Last Modified: 05 Sep 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23347

Actions (login required)

View Item View Item