Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Arab terhadap Prestasi Kognitif Siswa dalam Bidang Studi Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-Ma’tuq Sukabumi

Falahudin Noor, Falahudin (2.211.1.9.040) (2013) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Arab terhadap Prestasi Kognitif Siswa dalam Bidang Studi Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-Ma’tuq Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Kompetensi guru dan minat belajar siswa merupakan dua faktor inti dalam pengajaran. Apabila guru memiliki kompetensi yang memadai dan siswa memiliki minat belajar yang tinggi, maka hampir dapat dipastikan proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik dan hasil belajar akan optimal. Salah satu permasalahan yang ada di Madrasah Aliyah Al-Ma’tuq Sukabumi, adalah minat siswa dalam belajar bahasa Arab dan kompetensi guru yang kurang optimal, yang mengakibatkan proses belajar mengajar tidak berjalan dengan efektif dan efisien, serta prestasi belajar siswa dalam bidang studi Al-Qur’an Hadits belum tercapai secara maksimal. Peningkatan kompetensi profesional guru dan penambahan program ekstra kurikuler, adalah salah satu solusi yang diupayakan oleh Madrasah Aliyah Al-Ma’tuq Sukabumi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Dengan meningkatnya kompetensi profesional guru dan banyaknya aktivitas siswa dalam kegiatan belajar non struktural, diharapkan minat belajar dan prestasi siswa akan lebih meningkat sehingga tujuan pendidikan yang telah dirumuskan tercapai dengan hasil maksimal. Berangkat dari permasalahan tersebut penelitian ini dilaksanakan, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru dan minat siswa dalam belajar bahasa Arab terhadap prestasi kognitif siswa dalam bidang studi Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-Ma’tuq Sukabumi. Hipotesis yang diajukan adalah, “Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru dan minat siswa dalam belajar bahasa Arab terhadap prestasi kognitif siswa dalam bidang studi Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-Ma’tuq Sukabumi.” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bersifat analisis korelatif. Yaitu yang menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesis, melalui teknik observasi, wawancara, dan angket, dengan jumlah sampel 66 orang dari 330 populasi. Hasil akhir dari penelitian dan analisa data secara parsial terhadap masing-masing variabel, diperoleh skor rata-rata 4,09 untuk kompetensi profesional guru ( X1), 4,23 untuk minat siswa dalam belajar bahasa Arab (X2), dan 4,41 untuk prestasi kognitif siswa dalam bidang studi Al-Qur’an Hadits (Y). Ketiga skor tersebut berada di antara interval 3,5 dan 4,5 menunjukkan bahwa ketiga variabel yang diteliti masing-masing berada pada kategori baik. Hasil akhir dari analisis korelasional melalui uji hipotesis bivariat, diperoleh angka korelasi 0,545 untuk variabel X1 terhadap Y (rx1y), 0,782 untuk variabel X2 terhadap Y (rx2y), dan 0,732 untuk X1 dengan X2 (rx1x2). Ketiga angka korelasi tersebut setelah dikonsultasikan kepada tabel nilai “r” Product Moment dengan df 64 diperoleh angka rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,250 dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,325. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung lebih besar daripada rtabel yang membuktikan bahwa antara X1 terhadap Y dan X2 terhadap Y, serta X1 dengan X2, masing-masing memiliki pengaruh dan hubungan yang signifikan. Hasil uji hipotesis multivariat untuk mengetahui pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y (Rx1x2y) secara simultan, diperoleh angka indeks korelasi sebesar 0,782. Setelah dikonsultasikan kepada tabel nilai “r” Product Moment, pada taraf signifikansi 5% atau (α) = 0,05 diperoleh “r” tabel 0,250. Ternyata Robservasi lebih besar dari rtabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya tinggi rendahnya prestasi belajar siswa dalam bidang studi Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-Ma’tuq Sukabumi, erat sekali hubungannya atau sangat dipengaruhi oleh kompetensi profesional guru dan minat siswa dalam belajar bahasa Arab. Kontribusinya secara simultan adalah r2 x 100% = (0,782)2 x 100% = 61,15% dan sisanya 38,85% ditentukan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Setelah dilakukan uji signifikansi terhadap nilai korelasi ganda R = 0,782 diperoleh Fhitung = 49,27. Setelah dikonsultasikan kepada Ftabel diperoleh Ftabel = 3,14. Ternyata Fhitung > Ftabel atau 49, 27 > 3,14. Artinya, prestasi kognitif siswa dalam bidang studi Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Al-Ma’tuq Sukabumi, secara signifikan sangat dipengaruhi oleh kompetensi profesional guru dan minat siswa dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Minat Belajar, Bahasa Arab, Prestasi Kognitif, Al-Qur’an, Hadits
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 28 Sep 2016 01:56
Last Modified: 03 Apr 2017 06:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

View Item View Item